Menjelang Galungan, Harga Bahan Pokok Naik

Buleleng, Beberapa harga bahan pangan naik menjelang hari raya Galungan-kuningan.

Hari raya galungan tinggal menghitung hari, Beberapa harga bahan pangan naik berupa telur, cabai, dan tomat. Pantauan reporter Radio Nuansa Giri dipasaran pada kamis 2 juni 2022, saat ini harga cabai kecil di pasaran mencapai Rp.56.000 dari harga semulanya Rp.50.000 perkilo. Sedangkan cabai besar dari Rp.48.000 mencapai Rp.50.000. Sementara itu harga telur harga semula Rp.45.000 kini mencapai Rp.53.000 perkerat (30 Butir).

Salah seorang pedagang di pasar anyar Buleleng Ayu Jayanti mengungkapkan adanya kenaikan harga pada Telur yang ia jual, secara konsisten mengalami kenaikan selama seminggu terakhir. “Ini faktor cuaca, suplay jadi berkurang. Tapi kalau permintaan banyak sementara pasokan menurun pasti melonjak harga barangnya. Saya dengar dari penyupali harga pakan ternaknya melonjak sehingga harga telur berpengaruh. Seharusnya menjelang galungan telur berlimpah namun sekarang sebaliknya,”ungkapnya.

Sementara itu pedagang di pasar sobean Banyuasri, Desak Wiria mengatakan selain harga cabai dan telur, tomat yang ia jual juga mengalami kenaikan mencapai Rp. 16.000 denga harga semula Rp.10.000 perkilonya.  Hal itu di perkirankan karena factor cuaca yang tidak menentu yang menyebabkan beberapa membusuk. “Selain harga cabai, tomat juga ikut naik harganya. Ini kemungkinan karena cuaca yang tidak menentu. Kadang hujan kadang tidak jadi hasil kebun rusak. Apalagi hari raya galungan sudah dekat, permintaan dari pembeli banyak namun suplay nya sedikit,”jelasnya.

Meskipun harga mengalami kenaikan, masyarakat tetap berbelanja dengan semestinya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.(dnu/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI