Sambut PLP-LN Gelombang II, Undiksha Perkuat Sinergi dengan Sekolah 


Buleleng
, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) mempersiapkan pelaksanaan Pratik Lapangan Persekolahan bagi Mahasiswa Luar Negeri (PLP-LN) gelombang II tahun 2022. Salah satunya dengan memantapkan sinergi bersama sejumlah sekolah di Kabupaten Buleleng. Hal tersebut dibahas dalam pertemuan di Ruang Ganesha III Rektorat Undiksha, Jumat (20/5/2022).

Terdapat 25 sekolah yang diajak bekerjasama oleh Undiksha, terdiri atas jenjang Sekolah Dasar sampai jenjang SMA/SMK. Sekolah tersebut sebagian besar berada di Kota Singaraja. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.T.I., yang membuka acara pertemuan menyampaikan program PLP-LN akan dimulai pada bulan Agustus 2022. Program tersebut nantinya diikuti oleh sejumlah mahasiswa dari luar negeri yang bekerjasama dengan Undiksha. 

Melalui pertemuan ini, Undiksha dan sekolah memantapkan koordinasi dalam mempersiapkan informasi yang dibutuhkan oleh mitra luar negeri, seperti bidang studi yang ditawarkan dan guru yang siap dilibatkan. Rasben Dantes yang didampingi Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Undiksha, Prof. Dr. I Made Ardana, M.Pd., meyakini kedatangan mahasiswa luar negeri ke sekolah dapat memberikan dampak positif bagi iklim akademik dan memberikan pengalaman internasional kepada guru dan siswa. Demikian juga bagi para dosen Undiksha yang memberikan pendampingan.

Pelaksanaan program ini mendapat respon positif, salah satunya dari Kepala SMKN Bali Mandara, I Wayan Agustiana, S. Pd., M. Pd. Kehadiran mahasiswa luar negeri dinilai sangat membantu meningkatkan kompetensi peserta didiknya, termasuk dalam penguasaan bahasa asing. Pengalaman ini sudah dirasakan pada PLP LN gelombang I.(tim/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI