Sambangi Subak, Dewan Serap Aspirasi Petani

Penarukan , Menjaga intensitas dan kesejahteraan petani, Dewan sambangi subak di desa Penarukan.

Guna menyerap secara langsung aspirasi dari para petani, anggota DPRD Buleleng dari Komisi I, Dewa Gede Sugiharto langsung mendatangi Lima Subak di Wilayah Kelurahan Penarukan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng pada 19 Mei 2022.

Disamping menyerap aspirasi para petani bersamaan dengan hal itu Sekretaris dari Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Buleleng tersebut juga mengawal proses verifikasi bantuan irigasi di Subak Babakan. Verifikasi tersebut dilakukan langsung dari perwakilan Kementerian Pertanian RI dari Direktorat Irigasi Pertanian, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian yang pada saat itu hadir Koordinator Kelompok Pengembangan Jaringan Irigasi dan Perkumpulan Petani Pemakai Air, Dr. Ir. Dyah Susilokarti, MP.

Disela kegiatan, Sekretaris Subak Babakan, Ketut Agus Sumada menyampaikan pihaknya bersyukur atas bantuan rehabilitasi saluran irigasi sepanjang 300 meter yang akan digunakan untuk mengaliri lahan seluas 29,5 Hektar dari Subak Babakan. Bantuan tersebut menurutnya sangat berarti mengingat selama ini khusus pengairan masih menggunakan sistem bergilir. “Kita bersyukur bisa dibantu, apalagi selama ini kita bergiliran dapat pengairan, biasanya dapat selama penuh namun setiap harinya aliran air sediki dan harapan kami juga nanti bisa dibantu sumur bor agar bisa sebagai cadangan saat musim kemarau,” terangnya.

Sementara itu Anggota Komisi I DPRD Buleleng Dewa Gede Sugiharto, mengatakan sebagai wakil rakyat di DPRD Buleleng pihaknya terus berupaya untuk membantu mensejahterakan para petani melalui sejumlah program yang menjadi aspirasi dari petani. Hal tersebut bahkan diakuinya, khusus untuk kelompok subak di Kelurahan Penarukan telah dilakukan sejak tahun 2016 dan diikuti kelompok subak lainnya seperti di Kelurahan Banyuning, Desa Jinengdalem, Desa Pengelatan, dan desa lainnya. “Selaku wakil dari rakyat adalah bagaimana kita bisa mensejahterakan petani. Kalaupun itu belum 100 persen tapi tetap harus bisa dilakukan. Jadi melalui program-program pemerintah yang kita bantu fasilitasi untuk para petani setidaknya bisa meringankan biaya operasional di bidang pertanian,” ungkapnya usai menerima aspirasi di Kelurahan Penarukan.” ujarnya.(dnu/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI