Senderan Rumah Warga Jebol, Puluhan Hektar Sawah di Penarukan Terdampak  

Buleleng, Senderan rumah milik warga di desa penarukan jebol, 20 puluh hektar sawah terdampak.

Sekitar 20 hektar persawahan di subak tegalan kelurahan Penarukan tidak dialiri air dikarenakan saluran irigasi yang terletak di banjar dinas Banjarasem kelurahan Penarukan tertutup senderan rumah warga yang jebol pada hari Minggu 15 Mei 2022 lalu.

Kelian Subak Gede Penarukan, I Wayan Rian mengatakan jebolnya senderan tersebut diduga akibat tanah tidak kuat menampung air hujan yang terjadi sehari sebelumnya yakni Sabtu malam. Kejadian jebolnya senderan rumah milik Kadek Juliana itu diduga terjadi sekitar pukul 03.00 Wita dan membuat sebuah kandang ayam, dapur, serta kamar mandi akhirnya roboh.

Akibat robohnya senderan tersebut rupanya membuat saluran irigasi Subak Tegalan tertutup dan airnya tidak bisa mengaliri sekitar 20 Hektar lahan sawah yang saat ini sedang memasuki masa tanam. “Kami berharap ini segara bisa dibantu apalagi kami di subak sangat perlu dengan saluran air, kalau ini tidak segera tidak bisa jalan pertanian kami,” ungkapnya saat ditemui dilokasi senderan rumah jebol.

Menanggapi aspirasi warga, Dewa Gede Sugiharto Anggota Komisi I DPRD Buleleng langsung terjun dan memastikan ke lokasi kejadian senderan jebol hingga menutup saluran irigasi yang sekarang mengaliri hampir 20 Hektar lahan produktif di Subak Tegalan. Pihaknya sebagai wakil masyarakat di DPRD Buleleng mengaku akan bersurat ke dinas terkait agar segera bisa terselesaikan. Selain itu dirinya siap bergotong royong bersama Krama subak untuk melakukan perbaikan. “Saya sudah bantu koordinasi dengan dinas terkait untuk mendapatkan solusi dan demi kesejahteraan para petani. Selain itu nanti lagi 2 hari ada perwakilan dirjen yang akan kesini bersamaan dengan hal itu kita akan usulkan untuk subak tegalan agar jadi prioritas dulu baik melalui dana APBN dan dana lainnya,” tutupnya.(dnu/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI