BPCB Konservasi Sarkofagus yang Ada di Museum Buleleng

Buleleng, Guna Melestarikan Peninggalan Sejarah, Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Bali konservasi Sarkofagus yang ada di Museum Buleleng

Bertempat di Museum Buleleng pada Rabu 27/04, Sebanyak 4 sarkofagus yang ada di Museum Buleleng di Konservasi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Bali.

I Gusti Ngurah Adnyana selaku Pamong Budaya Ahli Muda di Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Bali menjelaskan, kegiatan konservasi ini adalah kegiatan pemeliharaan cagar budaya, berupa pencegahan dan penangan terhadap kerusakan dan pelapukan. “Jadi kegiatan ini adalah tindaklanjut dari studi yang kami lakukan pada bulen januari, dan ini juga bentuk pemeliharaan cagar budaya,”ujarnya.

Ditempat yang sama, I Made Pande Paritiaksa selaku teknisi pelestari cagar budaya Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Bali menambahkan, balai pelindung atau tempat penyimpanan sarkofagus agar diperbaiki supaya kondisi sarkofagus tetap terjaga. “Kalau kita lihat balai pelindung ini harus ada perbaikan, “imbuhnya.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Bidang Sejarah dan Cagar Budaya Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng Gede Angga Prasaja mengungkapkan, pihaknya akan mengkordinasikan terkait masukan dari BPCB, dan melakukan pendataan Kembali terkait sarkofagus yang ada di Buleleng. “Terkait ini kami akan usulkan, jadi sarkofagus ini akan kami pastikan aman dan tidak lembab,”ungkapnya. (uka/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI