Sidak Takjil, Loka POM Buleleng Tekankan Higenisitas Makanan

Buleleng, Loka Pom Buleleng menggelar sidak takjil, guna antisipasi penggunaan sejumlah bahan berbahaya pada makanan.

Guna mengantisipasi penggunan bahan berbahaya pada makanan khususnya takjil yang saat ini banyak di jumpai di pasaran. Loka pengawasan obat dan makanan (Pom) Kabupaten Buleleng mengadakan Inspeksi mendadak (Sidak) takjil di Pasar Kaget Ramadhan yang berlokasi di Jalan Jeruk, Singaraja pada 18 April 2022.

Disela-sela sidak, Kepala Loka POM Buleleng, Made Ery Bahari Hantana mengungkapkan sidak kali menyasar sejumlah 21 jenis jajanan atau takjil yang dijual untuk dinikmati pada saat berbuka puasa oleh umat muslim di Kota Singaraja. Sebanyak 21 sampling diuji menggunakan empat barometer uji yakni formalin, boraks, pewarna sintetik, Rodhamin B, dan methanyl yellow. “Kami sampling 21 item prodak berbagai jenis dari takjil, dan semua sample negatif, nanti kita akan lakukan pembinaan saja,”ujarnya.

Kepala Loka Pom Buleleng Ery Bahari menambahkan, penjual diminta lebih memperhatikan beberapa poin higienisitas dan sanitasi seperti mencuci tangan sebelum mengambil makanan, menggunakan penjepit makanan, dan menggunakan slop tangan untuk tetap menjaga higienisitas pada makanan yang dijual. “Kalau higienisnya kita uji di laboratorium, tapi kita himbau untuk pedagang memakai sarung tangan dan memakai masker,”ungkapnya.(dnu/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI