KCKB Buleleng Genjot Promosi Kain Bali

Buleleng, Selain menggelar pameran untuk promosi kain bali, KCKB Buleleng juga akan menggandeng perajin kain untuk memperkenalkan kain khas Buleleng.

Sejak dibentuk, Komunitas Cinta Kain Bali (KCKB) Buleleng terus melakukan promosi dengan tujuan memperkenalkan kain bali khas Buleleng dan melestarikan warisan budaya leluhur tersebut. Beragam program terus dikembangkan seperti pameran kain endek, songket, kain bebali, hingga yang sudah dibentuk menjadi tas atau busana, juga sosialisasi baik langsung dan tidak langsung. Tahun ini KCKB Buleleng berencana untuk menggelar program baru yaitu Cerita Ringan Tentang Kain Bali disingkat Cantik. Seperti diungkapkan Ketua KCKB Buleleng Putu Ayu Windiani, SH. “Jadi kita akan mengunjungi perajin kain bali yang ada di Buleleng, edukasi juga dan acara sosial,”ujarnya.

Lanjut Ketua KCKB Windiani, promosi kain bali khas Buleleng sudah dilakukan sampai ke Thailand. Melalui beberapa event, KCKB mengajak UMKM Buleleng untuk turut berpartisipasi. Dengan upaya promosi, penjualan kain bali khas Buleleng menurutnya mengalami peningkatan.¬† “Ada peningkatan, dan sekarang kita menyadarkan masyarakat bahwa kain bali bisa menjadi fashion formal,”ungkapnya.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI