Bank Sampah Kaliber Kembangkan Pupuk Kompos Ditengah Pandemi

Kalibukbuk, Bank sampah Kalibukbuk Bersih, Kaliber mengembangkan inovasi dengan mengolah kotoran kambing jadi pupuk kompos.

Limbah kotoran hewan yang sebelumnya kurang dimanfaatkan oleh warga sekitar diolah oleh Bank Sampah Kalibukbuk bersih, Kaliber menjadi pupuk kompos yang diberi label kohe atau kotoran hewan agar bisa memiliki nilai jual yang tinggi. Ide kreatif itu muncul saat pandemi covid-19 yang memaksa Direktur Bank Sampah Kaliber agar terus berinovasi.  Hal tersebut diungkapkan Direktur Bank Sampah Kaliber, Ketut Budiasa. “Kami kan pengelola sampah jadi kami muncul ide untuk mengolah kotoran hewan menjaadi pupuk kompos,”ujarnya.

Lanjut Ketut Budiasa, perbulannya pihaknya bisa mampu menjual 100 bungkus pupuk kompos untuk dijual. Hal ini dikarenakan dimasa pandemi covid-19 banyak masyarakat yang menghabiskan waktunya untuk berkebun. “Selama pandemi lumayan rata rata perbulan  100 bungkus terjual bisa lah untuk memenuhi kehidupan sehari-hari,”pungkasnya.

Ketut Budiasa juga berharap pupuk yang diproduksi ini dapat meminimalkan penggunaan pupuk kimia dalam usaha tani atau budidaya tanaman.(dpa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI