Menteri Perekonomian Bahas Pengembangan UMKM di Undiksha

Banjar Jawa, Universitas Pendidikan Ganesha,Undiksha dipilih sebagai tempat penyelenggaraan kuliah umum dan kajian buku pembiayaan UMKM oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan PT. Raja Grafindo Persada. Pelaksanaan kegiatan ini bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi di auditorium Undiksha, Kamis (10/03).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto sebagai narasumber menyampaikan dalam upaya membangkitkan UMKM di Indonesia, pemerintah telah menggulirkan program pembiayaan, perlindungan sosial, dan sebagainya. Ini sebagai bentuk keberpihakan dan dukungan kepada pelaku UMKM. Disamping itu pemerintah juga memberikan kebijakan restrukturisasi kredit agar beban para debitur bisa berkurang. “Dan harapan kedepan pemerintah terus mengintegrasikan seluruh fasilitas dan pemberdayaan UMKM akan memicu percepatan ekonomi nasional dan pemerintah juga memberikan perlindungan sosial seperti kartu prakerja,”ujarnya.

Menurut Menteri Airlangga, pemerintah terus meningkatkan nilai tambah ekonomi melalui penguatan UMKM dan Koperasi. Terkait dengan buku pembiayaan UMKM, diharapkan bisa menambah pengetahuan bagi para akademisi, pembuat kebijakan, dan mahasiswa untuk melakukan monitoring, evaluasi untuk mengetahui kebijakan-kebijakan di sektor UMKM. “Semoga buku ini dapat memperkuat sinergi dan koordinasi untuk pemerdayaan ekomoni,”ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd memberikan apresiasi atas penyelenggaran kegiatan ini. Menurutnya, kuliah umum ini sangat penting dalam rangka memberikan kontribusi positif terkait pengembangan UMKM, terutama dari sisi pendanaan, sesuai dengan komitmen pemerintah untuk terus mendorong UMKM, sehingga memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perekonomian. “Ini dilakukan kajian buku dan berharap memupuk semangat untuk membangkitkan perekonomian bali,”pungkasnya.

Rektor Jampel menilai, sebagai perguruan tinggi yang berperan melahirkan sumber daya manusia berdaya saing, Undiksha khususnya di Fakultas Ekonomi sudah melakukan langkah-langkah strategis. Salah satunya dengan menggenjot mahasiswa wirausaha. Hal ini telah didukung dengan adanya pendanaan dari mitra keuangan. “Mahasiswa kita sudah mendapatkan kepercayaan juga untuk menjadi pengusaha muda yang berhasil,”imbuhnya.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI