Mahasiswa Prodi Akuakultur Undiksha Lolos Program IISMA

Buleleng, Salah seorang mahasiswa program studi akuakultur Alexander Regio Widarto saat ini sedang mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) di Prince of Songkla University, Thailand. Mahasiswa asal Denpasar ini mengikuti program beasiswa untuk kuliah di universitas luar negeri selama satu semester. Program IISMA dari Kemendikbud ini sejatinya baru berjalan tahun lalu dan dibiayai penuh oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Penerima beasiswa ini harus WNI, merupakan mahasiswa S1 semester 4-6, Memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik yang dibuktikan dengan sertifikat, IPK minimal 3.0, dan mempunyai surat rekomendasi dari Wakil Rektor.

Alexander Regio mengatakan pada awalnya ia mendapatkan beasiswa IISMA di Tohoku University Jepang, namun karena alasan kuota, ia dipindahkan untuk mengikuti program beasiswa tersebut di Thailand. Menurutnya perpindahan tersebut tidak masalah yang penting ia bisa mendapatkan pengalaman lebih yaitu kuliah di luar negeri. “Saya disini juga agak sedih dipindah dari Jepang ke Thailand, tapi saya juga didukung oleh keluarga dan prodi, jadi disini saya mendapatkan banyak teman dan jalan-jalan,”ujarnya.

Dijelaskan Alexander, dosen-dosen di lingkungan program studi Akuakultur sangat mendukung mahasiswa untuk mengikuti program pertukaran pelajar maupun program untuk meningkatkan prestasi. “Jadi selalu mendorong dan memberi motivasi, jadi saya menjadi semangat dan program yang keluar negeri itu dosen nya juga terus mendorong,”ungkapnya.

Sejak awal kuliah, Alex mengamati adanya perbedaan antara program studi lainnya dengan prodi akuakultur. Salah satunya adalah penerapan merdeka belajar kampus merdeka dimana para mahasiswa tidak hanya belajar dikampus namun juga langsung mengunjungi tempat-tempat terkait akuakultur baik untuk pembelajaran, penelitian, atapun magang.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI