Satu Kantong Kresek Berisikan KIS Ditemukan Terbuang di Desa Menyali

Menyali, Satu tas plastik yang didalamnya berisikan ratusan Kartu Indonesia Sehat (KIS) ditemukan salah seorang warga di Desa Menyali Kecamatan Sawan dan viral di media sosial.

Dalam video tersebut pemilik akun menerangkan satu kantong plastik tersebut ditemukan salah seorang warga saat sedang mencari rongsokan pada Sabtu lalu. Saat dibuka ternyata  kantong plastik tersebut berisi ratusan kartu KIS yang beberapa diantaranya milik warga Desa Menyali.

Sontak temuan tersebut langsung diunggah ke media sosial, dimana didalam video itu pemilk akun mengimbau warga Desa Menyali yang belum mendapatkan kartu KIS agar mengecek kembali ke Kantor Desa. Ia pun mengatakan gepokan kartu KIS tersebut akan diserahkan ke Kantor Desa Menyali.

Kepada reporter Radio Nuansa Giri Fm Pada 6 Maret 2022, Kelian Banjar Dinas Kawanan Desa Menyali I Made Budiasa mengaku saat itu dalam kondisi tidak sehat sehingga dirawat dirumah sakit. Sementara ratusan kartu yang akan dikembalikan ke dinas terkait ikut terbuang saat anaknya sedang bersih-bersih rumah. “Kis ini tahun 2018, karena data ini tidak ditemukan saya berinisiatif untuk mengembalikan ke kantor, dan saya juga sudah tempatkan baik dikamar, setelah itu anak saya bersih-bersih dikamar lalu dia tidak tau bahwa itu kis lalu dibuang ditempat sampah,”ujarnya.

Seiring viralnya video tersebut, Kepala Dinas Sosial Buleleng Putu Kariaman Putra langsung mendatangi Kantor Desa Menyali untuk mengecek fakta di lapangan, setelah berkoordinasi dengan Kelian Banjar dinas Kawanan serta kaur perencanaan desa, diketahui jika KIS tersebut belum disalurkan kepada warga karena pihak yang bertugas masih dalam kondisi sakit. “Jadi kami dari Dinsos menyikapi ini, kita langsung kelapangan, bahwa kis ini belum sempat disalurkan,”ungkapnya.

Untuk di ketahui, dari 118 KIS yang ditemukan, sebanyak 73 kartu di kembalikan ke dinas sosial karena sudah tidak aktif dan penerima sudah meninggal, sedangkan 26 kartu dikembalikan ke BPJS Cabang Singaraja karena penerima bukan berdomisili di desa Menyali.(dnu/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI