Masyarakat Penglatan Gelar Melasti ke Candi Kuning

Penglatan, Sebelum hari raya nyepi, masyarakat desa penglatan kecamatan Buleleng menggelar upacara melasti ke pura candi kuning desa Penglatan.

Kegiatan melasti ini dilaksanakan pada hari Selasa, 1 Maret 2022 meskipun dengan kondisi cuaca gerimis tak membuat surut semangat masyarakat untuk mengikuti kegiatan melasti ini.

Kelian Desa Adat Penglatan Nyoman Panca mengungkapkan kegiatan Melasti Ke Pura Candi Kuning ini Sudah Menjadi Warisan Leluhur maka dari itu Melasti tidak ke segera melainkan ke pura candi kuning. “Karena warisan leluhur melasti tidak ke pantai, tapi ke pura candi kuning,”ujarnya.

Disatu sisi Upacara Melasti ini dipermudah dengan adanya jembatan baru yg sudah dipercantik dengan railing.

Perbekel Penglatan Nyoman Budarsa  berencana merancang wilayah Jembatan ini menjadi obyek wisata spiritual petirtaan. “Itu kami harapkan tempat ini menjadi objek wisata pesucian,”ungkapnya.

Salah seorang anggota DPRD Buleleng asal Desa Penglatan Wayan Soma Adnyana mengatakan Dengan dibangunnya jembatan tersebut memberikan beragam manfaat bagi masyarakat. Baik segi pendidikan, agama, ekonomi, dan lain sebagainya. “Manfaat jembatan ini sangat banyak sekali dirasakan, tetap saya ucapkan terimakasih,”pungkasnya.

Soma Adnyana pun nantinya akan menata ulang kembali kawasan sungai sekitar jembatan dan dipercantik Dengan tanaman yang berguna untuk upacara agama hindu. “Kami akan tata ulang kembali ini agar lebih sejuk lagi,”imbuhnya.(uka/dpa) 

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI