Desa Adat Buleleng Siap Gelar Tawur Kesanga

Paket Agung, Pelaksanaan Nyepi tahun caka 1944 akan dilaksanakan tanggal 3 Maret mendatang. Desa adat Buleleng siap melaksanakan tawur kesanga.

Kesiapan desa adat Buleleng melaksanakan tawur kesanga tanggal 2 Maret mendatang disampaikan ketua umum pelaksana Putu Pasek Sujendra, Jumat (26/02) usai menggelar rapat persiapan akhir di secretariat desa adat Buleleng. Menurutnya pelaksanaan tawur kesanga akan diawali dengan upacara  mapepada yang akan dilaksanakan pada Senin 1  Maret di Pura desa adat Buleleng. Sesuai rencana pelaksnaan akan digelar sekitar pukul 14.00 wita.

Adapun sulinggih yang akan muput mapepada adalah Ida Pandita Mpu Kayuan Ciwa Dharma dari Geria Celagi Manis  Lingkungan Bakung Kecamatan Sukasada.

Sementara itu tugas ngewalung pada tahun ini dipercayakan kepada banjar adat Banjar Tengah.

Tawur kesanga akan dilaksanakan pada catus pata desa adat Buleleng tanggal 2 Maret . Adapun sulinggih yang akan muput pada tawur kesanga masing-masing  Ida pandita Mpu Manik Jaya Kerti dari Geria Kundalini Sari  Banjar Dinas Abasan Panji, Ida Sri Bhagawan Rama Sogata dari geria Dalem Cili Ularan Sukasada, Ida Rsi Bhujangga Waisnawa Kertha  Nanda dari geria  Taman Kertha  Banjar Taman  desa Bubunan Kecamatan Seririt dan  Ida Pedanda Made Telaga Manu Putra dari geria  Keniten Telaga  Jumpung desa Banjar serta  Ida Bhagawan  Dharma Putra Yoga dari geria Agung Bhuwana Agung desa Pelapuan kecamata Busungbiu.

Ketua Umum Pelaksanaan Tawur kesanga Pasek Sujendra meempermaklumkan kepada pengguna jalan raya  akan adanya pengalihan arus lalulintas  sehingga  pelaksanaan tawur berjalan lancar. “Desa adat Buleleng sudah siap melaksanakan tawur kesanga, dan sekarang rapat akhirnya, ini dilaksanakan pada Rabu 2 Maret mendatang,”ujarnya.

Sementara itu Ketua satgas gotong royong desa adat Buleleng I Ketut Wiratmaja menegaskan mengingat masih dalam suasana pandemi covid  maka mereka yang hadir nunas tirta pada catus pada adalah perwakilan serta petugas yang sudah ditunjuk Hal ini untuk menghindarkan terjadinya kerumuman. Untuk memantapkan pelaksanaan, satgas gotong royong covid 19 desa adat Buleleng akan menggelar simulasi pada  Minggu 27 Pebruari lusa. “Karena masih dalam situasi pandemi covid-19 jadi mereka yang datang untuk nunas tirta hanya perwakilan saja ini dilakukan untuk mengurangi terjadinya kerumunan,”ungkapnya.(tut/dpa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI