Peringati Bulan Bahasa Bali, Pemdes Nagasepaha Gelar Berbagai Lomba

Nagasepaha, Memperingati Bulan Bahasa Bali, pemerintah desa Nagasepaha menggelar berbagai lomba bahasa Bali.

Memperingati Bulan Bahasa Bali yang ke IV, pemerintah desa, Pemdes Nagasepaha melakukan berbagai lomba bahasa Bali seperti Wimbakara Ngewacen, Nyurat Aksara Bali, dan Mesatua Bali. Lomba dilakukan di Gedung Serba Guna desa Nagasepaha, Selasa 22 Pebruari 2022, dan diikuti oleh perwakilan dari SD 1 Nagasepaha, Teruna Teruni, dan Ibu PKK.

Kepala Desa Nagasepaha Wayan Sumeken Sos mengatakan, berbagai lomba yang dilakukan untuk memperingati Bulan Bahasa Bali ini dilakukan sebagai bentuk peduli terhadap bahasa Bali yang hampir punah penggunaannya. “Kegiatan ini dilakukan untuk menjaga dan melestarikan bahasa bali yang hampir punah penggunaannya,”ujarnya.

Lanjut Kades Wayan Sumeken, walaupun dilakukan secara terbatas dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, antusias masyarakat yang mengikuti sangat besar. “Antusias masyarakat yang ikutpun sangat tinggi, selain itu mereka mungkin kangen karena jarang sekali ada kegiatan seperti ini,”ungkapnya.

Sementara itu, salah satu peserta juara 1¬† lomba Mesatua Bali Nyoman Swali mengajak kepada masyarakat terutama para penerus untuk selalu melestarikan bahasa Bali. “Saya sangat bersyukur sudah diadakan kegiatan ini, jadi kita disini melestarikan bahasa dan budaya bali,”pungkasnya.(dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI