Cara Pemuda Pedawa Selamatkan Sumber Air

Pedawa, Penanaman pohon kembali digencarkan komunitas Kayoman Pedawa sebagai salah satu upaya penyelamatan sumber air dari hulu.

Sebagai salah satu desa yang berada di hulu dan menjadi tumpuan keberadaan sumber air, para pemuda di Desa Pedawa , Kecamatan Banjar, Buleleng terus menggencarkan penanaman pohon di hutan desa setempat yang di inisiasi melalui Komunitas Kayoman Pedawa.

Sekretaris Komunitas Kayoman Pedawa, Made Suisen dikonfirmasi usai kegiatan penanaman pohon yang bertepatan dengan hari Kasih Sayang, senin 14 Pebruari 2022 mengungkapkan, Sebagai implementasi nyata dalam memaknai hari kasih sayang, komunitas kayoman pedawa melakukan penanaman 50 bibit pohon dikawasan kayuan sabih Desa Pedawa. ” Jadi penting bagi kami melakukan kepada alamjadi kami bersinergi,”ujarnya.

Terkait jenis pohon yang ditanam Made Suisen menambahkan, pihaknya lebih memilih pohon yang memiliki waktu hidup panjang dan bisa berpotensi mengikat unsur air lebih banyak seperti fikus,beringin,bodi,bunut dan aren. “Kita menanam pohon jenis fikus,beringin,bodi,bunut dan aren, dan kurang lebih ada 60 bibit pohon,”ungkapnya.(eta/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI