Metode Belajar dengan GIST, Efektif Tingkatkan Nilai Siswa Spenfour dalam Bahasa Inggris

Sambangan, Penelitian tindakan kelas tentang metode pembelajaran GIST nyatanya sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa SMP Negeri 4 Singaraja dalam bahasa inggris.

Serangkaian HUT ke-43, SMP Negeri 4 Singaraja menggelar seminar penelitian tindakan kelas Rabu (09/02) di ruang guru sekolah setempat. Ada 17 guru yang mempresentasikan penelitian mereka di depan para peserta lain, guru dari luar SMP Negeri 4 dan Pengawas Manajerial SMP Negeri 4 Singaraja Gusti Agung Oka Yadnya.

Salah seorang guru,¬† Ni Kadek Armini, S. Pd, mempresentasikan metode belajar dengan judul Generating Interaction between Skemata and Text disingkat GIST untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam bahasa inggris. Seperti diketahui dalam tantangan era global bahasa inggris sebagai bahasa internasional harus dikuasai. Namun masih ditemukan permasalahan pada siswa yang enggan membaca teks bahasa inggris yang panjang. “Jadi disini saya menerapkan teknik GIST namanya, jadi disini siswa diharapkan untuk membangun idenya untuk teks tersebut nanti akan berkelompok,”ujarnya.

Guru Bahasa Inggris yang juga wali kelas IX B4 itu mengungkapkan, dalam siklus kedua penelitian baru ditemukan peningkatan kemampuan siswa yang sesuai dengan KKM dan ketuntasan belajar siswa. “Selama siklus 1 gagal dipemasangan kosa kata, jadi di siklus 2 ditekankan pemasangan kosa kata jadi siswa lebih siap dan paham dan manajemen waktu juga,”ungkapnya.

Pengawas Manajerial SMP Negeri 4 Singaraja Gusti Agung Oka Yadnya disela-sela presentasi penelitian tindakan kelas berharap agar kreatifitas dan inovasi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran tak berhenti sampai disini. “Tujuh belas karya yang saya liat yang cukup bagus dan cukup memberikan alasan bagaimana karya itu layak atau tidak,”pungkasnya.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 4 Singaraja Putu Budiastana menjelaskan penelitian tindakan kelas berdasarkan refleksi dari permasalahan pembelajaran dihadapi. “Ini direfleksi oleh guru kemudian dicarikan solusi, sehingga hasilnya bisa meningkat inilah yang dilaporkan dan laporannya diseminarkan,”imbuhnya.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI