Tradisi Maturan Duren, Ungkapan Syukur Masyarakat Desa Sidatapa

Sidatapa, Salah satu tradisi unik dari Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar, Buleleng yang dikenal dengan nama “Maturan Duren” sebagai salah satu upacara adat sebagai ungkapan syukur atas panen buah yang berlimpah.

Sebagai salah satu baliaga yang ada di Kabupaten Buleleng, Desa Sidatapa di Kecamatan Banjar, Buleleng memiliki sejumlah adat tradisi yang unik salah satunya tradisi “maturan duren” yang di padukan dari adat tradisi dan upacara.

Krama ngarep di Desa Sidatapa akan menghaturkan tiga buah durian terlebih dahulu yang ditujukan kepada para leluhur kemudia satu buah durian akan dibawa pulang kembali dan dua buah durian akan disantap bersama usai upacara.

Diceritakan Kelian Adat Desa Sidatapa Putu Kasma ditengah-tengah acara pada selasa 8 Pebruari 2022, tradisi ini telah diwariskan sejak turun temurun oleh para leluhur yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur mereka atas hasil panen buah yang sudah diterima. “Semuanya ini dilakukan untuk persembahan, jadi persembahan ini dilakukan oleh krama ngarep tergantung panennya,”ujarnya.

Sementara Kepala Desa Sidatapa, Ketut Budiasa mengungkapkan kedepan pihaknya bersama tokoh adat berusaha akan mengkemas tradisi ini menjadi sebuah suguhan bagi para wisata yang hadir ke desa Sidatapa, sehingga selain lestari tradisi ini juga bisa lebih dikenal dimasyarakat luas. “Kedepan harapan kami warisan yang begitu bijaksana ini bisa dikenal oleh lebih banyak masyarakat di Buleleng,”ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Kadispar Buleleng, Gede Dodi Sukma Oktiva Askara yang turut menghadiri acara tersebut, pihaknya kedepan akan merancang kalender event untuk tradisi “maturan duren” di Desa Sidatapa ini bisa dijadikan agenda untuk disuguhkan kepada para wisatawan yang hadir ke Desa Sidatapa. “Kami sudah berdiskusi dan kedepan kami akan mencari konsep adat tradisi adat dan budaya tetap ajeg dan kita juga akan eventkan,”pungkasnya.(eta/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI