Jelang Imlek, TITD Ling Gwan Kiong Bersihkan 14 Patung Dewa

Buleleng, Pengurus Tempat Ibadah Tri Dharma, TITD Ling Gwan Kiong membersihkan 14 patung dewa-dewi dan tempat persembahyangan menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2573.

Pengurus TITD Ling Gwan Kiong melakukan rutinitas jelang perayaan Tahun Baru Imlek 2573 tahun 2022. Enam hari menjelang Tahun Baru Cina itu, pengurus membersihkan patung dewa-dewi beserta alat persembahyangan di tempat peribadatan yang berlokasi di kawasan Pelabuhan Tua, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan/Kabupaten Buleleng. Rutinitas itu diawali persembahyangan untuk memohon ijin akan melakukan pembersihan patung. Setelah itu satu persatu patung diturunkan begitu juga alat-alat persembahyangan. Pengurus juga menurunkan tempat dupa agar abunya dibersihkan.

Locu-Thauke Klenteng Ling Gwan Kiong Wendra Sanjaya mengatakan ada 14 patung yang dibersihkan. Patung pertama adalah tempat berstananya leluhur yang menjadi dewa Chen Fu Zhen Ren dan dua patihnya. Debu pada Patung dibersihkan dengan kuas, selanjutnya dibasuh air kelapa dan bunga. “Enam hari menjelang imlek, dan kemarin kami melakukan persembahyangan untuk memohon ijin membersihkan patungnya,”ujarnya.

Locu-Thauke Wendra Saputra Astawa mengatakan perayaan Tahun Baru Imlek tahun ini masih sama dengan perayaan sebelumnya saat pandemi. “Perayaan ditiadakan dan barangsai ditiadakan jadi ritual persembahyangan tetap sesuai dengan prokes,”ungkapnya.

Usai dibersihkan patung dikembalikan ke tempatnya. Pengurus akan melakukan persembahyangan Dewa Naik pada Rabu 26 Januari pukul 00.00 Wita. Selanjutnya Sembahyang menyambut Tahun Baru pada Senin 31 Januari 2022.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI