Dispar Buleleng Kembali Rancang Pengembangan Desa Wisata

Kaliuntu, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng kembali merencanakan pengembangan desa wisata dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng kembali berencana mendorong desa dan kelurahan di Kabupaten Buleleng untuk mulai mempersiapkan diri menggali potensi desa yang akan dikembangkan menjadi Desa Wisata, dan menyikapi hal tersebut Dispar berencana akan melakukan sosialisasi di 3 Kecamatan di bulan Februari 2022 mendatang. “Dalam rangka mensejaterahkan masyarakat kami akan memprogramkan desa wisata kami sudah melakukan sosialisasi juga,”ujarnya.

Disinggung terkait klasifikasi desa wisata, Doddy menjelaskan, dimulai dari desa yang layak diberikan label sebagai desa wisata rintisan yakni desa yang memadai dalam infrastruktur, belum ada tempat menginap, belum berupa potensi yang dikembangkan, asalkan desa itu bisa menuangkan program dalam kegiatan matrik RPJM desa yang sudah masuk dalam RKP desa dan dilakukan APBDes dalam eksekusi terhadap pengembangan desa wisata. “Nanti ada indikator yang akan dituangkan, jika ingin mengembangkan desa wisata harus ada komitmen dari desa itu sendiri,”ungkapnya.(eta/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI