Sempat Turun Drastis, Kini Penjualan Kain Tenun Meningkat 30 Persen

Buleleng, Sempat mengalami penurunan penjualan kain tenun endek hingga 70 persen, kini penjualan kain tenun endek di Ayu Windi Tenun Ikat meningkat hingga 30 persen.

Pandemi Covid-19 yang terjadi belakangan ini membuat banyak sektor perekonomian di Buleleng menjadi terpuruk dan memasuki tahun 2022 kasus covid-19 perlahan lahan melandai. Dengan melandainya pandemi covid-19 membuat beberapa sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil dan Menengah (IKM) sedikit demi sedikit bangkit. Salah satunya Ayu Windi Tenun Ikat sudah mengalami peningkatan penjualan hingga 30 persen, walaupun masih sedikit tetapi ia bersyukur karena sudah ada pergerakan ekonomi masyarakat

Putu Ayu Windiani owner Ayu Windi Tenun Ikat yang beralamat di Jalan Bekisar No 1 A Ayani Barat mengatakan, semenjak menginjak tahun 2022 dan kasus covid-19 di Buleleng rendah,¬† penjualan kain tenun endek maupun seragam endek sudah mulai meningkat hingga 30 persen. Tentunya ini juga salah satu bentuk perhatian dari pemerintah, faktanya banyak dinas maupun kantor yang memesan seragam endek. “Sekarang banyak orderan seragam itu yang membuat meningkat sekitar 30 persen lah peningkatannya,”ujarnya.

Lanjut wanita yang akrab disapa Ayu Windi itu, pemasaran digital selalu difokuskan untuk meningkatkan penjualan, banyak strategi pemasaran yang dilakukan salah satunya diskon pembelian. “Kalau pemasaran tetap online, dan orang yang dateng kebutik juga lumayan ramai, tapi kita lebih gencar di online,”ungkapnya.

Ayu Windi berharap kedepan covid-19 segera usai, dan para perajin dan sektor UMKM dann IKM semakin menggeliat.(dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI