DKPP Buleleng Fasilitasi Pelatihan Pengembangan Usaha Olahan Ikan Nila

Kaliuntu, Dalam upaya peningkatan hasil produksi dari budidaya ikan Nila yang ada di Buleleng, Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BP3) Banyuwangi menggelar Pelatihan Pengembangan Usaha Olahan Ikan Nila yang difasilitasi oleh Dinas Ketahan Pangan dan Perikanan (DKPP) Buleleng.

Kegiatan pelatihan yang digelar mulai tanggal 24-25 Januari 2022 diikuti oleh 100 orang peserta dari Kelompok Pengolah Pemasar (Poklahsar) ikan Nila yang ada di Buleleng yang dilaksanakan secara daring. Selama 2 (dua) hari, peserta akan belajar dan praktek membuat aneka olahan hasil perikanan dengan bahan baku utama adalah ikan nila.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Buleleng I Gede Putra Aryana, S.Sos., MAP mengungkapkan, Selama ini POKLAHSAR di Kab. Buleleng telah mendapat pendampingan teknis dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, serta penyuluh perikanan Kabupaten Buleleng sehingga dengan adanya pelatihan ini juga diharapkan menjadi ilmu tambahan dalam pengolahan ikan Nila. “Pelatihan ini dilakukan secara daring yang dilakukan oleh Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BP3) Banyuwangi jadi ini untuk memberi ruang untuk pengolah dan pemasar budidaya ikan nila,”ungkapnya.

Pria yang sempat menjabat Camat Busungbiu menambahkan, pelatihan ini juga diharapkan mampu menjadi jawaban para pembudidaya ikan nila yang selama ini kesulitan pemasaran hasil budidaya ketika terjadi over produksi, sehingga dengan pengolahan ikan menjadi kuliner ini diharapkan mampu menambah nilai jual. “Ketika pembudidaya ikan nila mengeluh tentang over produksi inilah jawabannya, jadi ini dilakukan oleh koki hotel berbintang sehingga ia mempraktekan ini lewat daring”ujarnya.(eta/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI