Masyarakat Diharapkan Berperan Aktif Dalam Memilah Sampah Dari Sumbernya

Patas, Bupati Buleleng berharap komitmen serta peran aktif masyarakat dalam menangani masalah sampah salah satunya dengan pemilahan dari sumbernya.

Harapan tersebut disampaikan saat Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana menghadiri sekaligus meresmikan TPS3R Patas Bersih Desa Patas, Kecamatan Gerokgak pada Jumat 24 Desember 2021 dan menjadi TPS3R terakhir yang dibangun di tahun 2021 yang memakan anggaran sebesar 500 juta lebih melalu dana alokasi khusus (DAK).

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana seusai meresmikan TPS3R Patas Bersih mengungkapkan, pihaknya berharap dengan dibangunnya sarana pemilahan sampah ini pihaknya berharap peran aktif serta komitmen bersama untuk bisa menciptakan lingkungan desa bersih utamanya terbebas dari sampah plastik. “Harapan saya Buleleng semua desa bisa seperti ini, yang penting ada komitmen untuk ini,”ujarnya.

Kepala Desa Patas Kadek Sara Adnyana mengungkapkan, kedepan pihaknya telah menyiapkan skema pengelolaan operasional TPS3R termasuk melakukan inovasi terkait pemanfaatan sampah menjadi barang yang bisa memiliki nilai ekonomis lebih. “Walaupun secara fisik sudah diresmikan, sekarang komitmen kita bersama juga dan ini harus dibantu oleh masyarakat juga,”ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas PUTR Buleleng sebagai leading sector dalam pembangunan fisikTPS3R mengungkapkan, kedepan pihaknya berharap agar jatah TPS3R untuk kabupaten Buleleng bisa ditambah sehingga sedikit demi sedikit bisa berimbas meringankan beban TPA yang ada di Buleleng. “Untuk kedepan kita tetap koordinasi agar bisa kedepan lebih banyak dibangun tps3r,”imbuhnya.(eta/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI