RSS Kayu Buntil Akhirnya Rampung Diterima Warga

Kaliuntu, Seluruh penghuni Rumas Sangat Sederhana (RSS) Lingkungan Kyu Buntil, Kelurahan Kampung Anyar akhirnya bisa menghela nafas, pasalnya 98 unit RSS yang merupakan asset Pemkab Buleleng, telah diserah terimakan kepada warga.

Setelah melewati proses panjang, 98 unit Rumah Sangat Sederhana (RSS) Kayubuntil, akhirnya dipindah tangankan yang sebelumnya milik asset Pemerintah Kabupaten Buleleng menjadi milik 98 warga yang sebelumnya menghuni bangunan tersebut.

Humas Kejari Buleleng Anak Agung Jayalantara (9/12) mengungkapkan, sebelumnya 98 unit Rumah Sangat Sederhana (RSS) Kayubuntil menjadi temuan temuan pemeriksaan BPK tahun 2009-2010 terkait Penatausahaan Aset Tetap Pemerintah Kabupaten Buleleng, namun setelah dilakukan pendampingan serta mediasi oleh Kejaksaan Negeri Buleleng pada bulan Agustus tahun 2020 dan disepakati untuk membayar Penjualan Barang Milik Daerah (BMD) sebesar Rp 8.447.000. “Dari yang kita dalami permasalahannya hanya nilai nominal dan kemampuan masyarakat untuk membayar.Pola yang kita terapkan adalan pendekatan kekeluargaan, untuknya semua pihak saling memahami,”terangnya.

Lebih lanjut Agung Jayalantara mengungkapkan, Sejak awal Januari 2021, sebanyak 98 masyarakat Kayubuntil yang menghuni bangunan RSS tersebut telah berupaya menyelesaikan kewajibannya untuk membayar Penjualan Barang Milik Daerah (BMD) pemindahtanganan tersebut dengan nilai sesuai dengan perhitungan Aprisial dan di tanggal 3 Desember 2021 semuanya rampung membayar sehingga asset tersebut dihapuskan dari buku aset pemkab dan sepenuhnya bisa diserahkan kepada warga. “Hampir 25 persen yang terhambat pembayarannya karena kemampuan perekonomian mereka. Jadi masyarakat sekarang memiliki aset tersebut,”ujarnya.

Total nilai aset daerah yang telah diselesaikan adalah senilai Rp 827.806.000,- yang selanjutnya uang Penjualan Barang Milik Daerah tersebut di setorkan ke Kas Daerah Kabupaten Buleleng sebagai Pendapatan Penjualan BMD. (eta/ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI