Penyaluran BST Kabupaten Tahap Dua Sasar 832 KPM

Paket Agung, Sebanyak 823 Keluarga Penerima Manfaat akan menerima bantuan sosial tunai tahap dua dari APBD Kabupaten Buleleng.

Penyaluran bantuan sosial tunai (BST) yang anggarannya dari APBD Kabupaten Buleleng kini masuk tahap dua. Setelah menyalurkan bantuan tersebut kepada tiga ribu lebih penerima manfaat di bulan September lalu, Dinas Sosial sebagai penyelenggara kembali menyaring data penerima. Akhirnya ditemukan 823 penerima yang berhak mendapat BST tahap kedua. Penyaluran BST dilakukan Sabtu (4/12) (DRU: hari ini) hingga Rabu (07/12) di Kantor POS Singaraja dan masing-masing kecamatan serta di komunitas sesuai dengan permintaan desa.

Ditemui diruang kerjanya, Kabid Pemberdayaan Sosial & Penanganan Fakir Miskin Nyoman Mariani Febrianti, S.Sos,M.A.P mengatakan jumlah KPM BST tahap dua ini berkurang signifikan karena perluasan bantuan yang diberikan Kementerian Sosial. “Jumlah ini memang berkurang dari tahap 1 karena ada beberapa KPM yang tidak layak dan ada KPM yang mendapatkan bantuan lain oleh kemsos,”ujarnya.

Besarannya, menurut Kabid Mariani tetap seperti pada tahap pertama. Sejumlah 200ribu/perbulan untuk masing-masing KPM. Dalam memaksimalkan penyaluran, Dinas Sosial juga telah berkoordinasi dengan Kantor POS agar bantuan bisa langsung diantar kerumah penerima. Untuk diketahui sebanyak 1.092 KPM tidak mengambil bantuan sosial tunai dengan berbagai alasan seperti meninggal dunia atau telah menerima bantuan sosial lain. “Siapa yang belum ngambil kita evaluasi, dan koordinasi dengan desa dan kita juga ada program jemput bola kita maksimalkan disana,”ungkapnya.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI