Penguatan Awig-Awig, Disbud Gelar Pembinaan Desa Adat Dan Yowana Desa

Paket Agung, Penguatan desa adat dalam nyurat awig-awig, Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng gelar pembinaan desa adat dan yowana desa.

Banyaknya desa adat di Kabupaten Buleleng yang belum memiliki awig-awig yang kuat, Dinas Kebudayaan kabupaten Buleleng melakukan pembinaan desa adat dan yowana desa di desa adat Buleleng pada 24 November 2021di wantilan kantor desa adat Buleleng.

Dalam pembinaan desa adat, melibatkan Prajuru Desa Adat Buleleng dan perwakilan 15 orang yowana desa yang ada di wewidangan Desa Adat Buleleng. Dalam pembinaan ada 4 baga yakni parahyangan, pawongan, palemahan, dan yowana desa.

Disela-sela kegiatan Kabid Adat Dan Tradisi Dinas Kebudayaan Buleleng Ayu Sri Susantiani, Se, M.Ap mengatakan, tujuan dari pembinaan desa adat dan yowana desa yakni penguatan desa adat dalam penyuratan awig-awig sesuai dengan aturan Pergub dan perda yang berlaku. “Jadi nanti kita akan berbagi materi dan pertanyan apa yang saat ini dijadikan permasalahan oleh desa Adat Buleleng,”ujarnya.

Sementara itu Kelian desa adat yang diwakili Sekretaris desa adat Buleleng Putu Mahendra Mengungkapkan, sangat mendukung pembinaan dari dinas kebudayaan terlebih pihaknya melibatkan yowana desa dengan harapan kelak generasi penerus dapat memberikan kemajuan yang baik terhadap desa adat Buleleng . “Dari intruksi Gubernur setiap kabupaten dibentuk yang namanya pasikian yowana dan kami sudah punya dan ketuanya dari desa adat Buleleng dan ini perlu sekali diberikan pemahaman,”ungkapnya.

Adapun tim pembina dalam kegiatan tersebut yakni Dinas Kebudayaan Buleleng, Majelis Desa Adat Buleleng, Widya Sabha Buleleng, Phdi Buleleng, Whdi Buleleng, Kantor Agama Kabupaten Buleleng, Dan Pelopor Pemuda Nasional.(dnu/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI