Patung Jalapati Hiasi Laut Lovina

Kalibukbuk, Pantai Lovina kini memiliki ikon wisata baru berupa patung jalapati yang di tenggelamkan dibawah laut lovina.

Pantai Lovina, Desa Kalibukbuk menjadi salah satu icon pariwisata Buleleng yang memiliki sederet destinasi seperti pantai dengan maskot patung dolpin, dermaga cinta serta atraksi lumba-lumba.

Kekayaan bawah laut Lovina juga tak bisa diragukan berupa keindahan terumbu karang dan berbagai biota lautnya. Kini Pemdes bersama Pokmaswas Banyumilir desa Kalibukbuk kembali menambah destinasi baru bawah laut berupa patung jalapai atau dewa baruna.

Koordinator proyek Ketut Wiryadana mengungkapkan, pembuatan patung ini merupakan salah satu program dari KKP yaitu Desa Wisata Bahari (Dewi Bahari) sebagai upaya pemanfaatan terbatas dari kawasan laut lovina yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Jadi memang awal dari kemunculan ini dari BPD untuk melihat potensi yang kita miliki yaitu terumbu karang, dan juga pada saat itu kita sudah merancang ini dan tujuannya adalah menambah destinasi baru,”ujarnya.

Kepala Desa Kalibukbuk Ketut suka mengatakan, pihaknya tentu sangat mengapresiasi atas program yang diberikan kepada Pemdes untuk kesejahteraan masyarakat kedepan dan juga sebagai salah asatu upaya konservasi alam utamanya terumbu karang ayang ada di kawasan pantai lovina. “Kita akan fokus dipembangunan fisiknya dan kita berupaya ini, dan ini menjadi kontribusi lebih,”ungkapnya.

Sementara itu koordinator penyelam yang bertugas dalam penurunan patung Gede Sudarma mengungkapkan, pihaknya yang juga sebagai salah satu pelaku pariwisata bahari tentunya merasa gembira dengan program yang telah digelontorkan sehingga kedepan para wisatawan yang berkunjung ke pantai lovina tidak hanya menikmati yang di darat tetapi juga di bawah laut. “Kendalanya arus nya sangat kencang sekali, jadi yang kedua kita akan mengangkat lagi, dan harapan kedepan tidak sampai disini saja harus ada kesinambungan,”pungkasya.

Serah terima patung dihadiri Kepala DKPP Buleleng yang ditandai dengan pelepasan patung dewa baruna yang berada diatas rakit dan selanjutnya dibawa ketengah laut menuju titik yang sudah ditentukan untuk ditenggelamkan.(eta/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI