Musim Hujan, Perumda THB Telusuri Pipa di Daerah Rawan Longsor

Banjar Jawa, Mengantisipasi pipa yang putus saat musim hujan, Perumda Tirta Hita Buleleng melakukan penelusuran pipa didaerah rawan longsor.

Perumda Tirta Hita Buleleng (THB) selalu berupaya maksimal dalam menjaga pelayanan air minum di Kabupaten Buleleng. Namun pipa air yang melewati tebing dan bukit sering kali menjadi putus apabila terjadi tanah longsor saat musim hujan. Hal itu menjadi perhatian Perumda THB sehingga rutin dilakukan penelusuran pipa di daerah rawan longsor.

Dirut Perumda THB Made Lestariana mengatakan dari penelusuran yang dilakukan staf teknis, hasilnya pipa yang berpotensi akan dicatat untuk dilakukan penguatan agar tidak rawan putus. “Kita telah melakukan upaya penelusuran pipa juga mana yang berpotensi rawan pipa putus pada saat musim hujan, itu upaya yang kita lakukan,”ujarnya.

Sementara itu, penanganan kebencaan yang lain seperti musim kemarau sudah dilakukan dengan menyuplai air ke desa-desa yang bukan layanan Perumda THB. Pelayanan air minum Perumda menurut Lestariana saat musim kemarau masih aman. Sumber mata air yang ada tidak sampai hilang, hanya mengalami penurunan debit air hingga 17 persen.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI