PHDI Gencarkan Pelatihan Pemangku

Buleleng, Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Buleleng terus mejalankan program pelatihan pemangku.

Perisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Buleleng telah melakukan program pelayanan kepada umat hindu di Buleleng salah satunya adalah pelatihan pemangku. Pelatihan tersebut menyasar pemangku yang memerlukan pelatihan di tiap kecamatan di Buleleng.

Ketua Phdi Buleleng Gede Made Metera mengungkapkan pelatihan pemangku sejak awal tahun 2021 sudah dilaksanakan, namun karena terdampak pandemi covid-19 ditunda hingga bulan Oktober. “Sebenarnya ini sudah berjalan di empat kecamatan, tapi adanya ppkm sehingga untuk sementara berhenti dan Oktober sudah dilaksanakan lagi,”ujarnya.

Ketua Gde Made Metera menambahkan pelatih dalam pelatihan pemangku sudah dipastikan kompeten dalam bidang pemangku dan agama hindu. “Yang sudah menjadi pelatih adalah yang sudah menjadi pemangku dan sudah mempunyai ilmu pengetahuan yang luas dan berpendidikan juga,”ungkapnya.

Salah seorang Pelatih dan juga Kepala Bidang Keagamaan di PHDI Buleleng Ketut Wijana mengatakan materi yang di tekankan dalam pelatihan pemangku yakni tatwa sastra, puja mantra, dan sesana kepemangkuan. “Dimana masalah sastra agama hindu, puja mantra kepemangkuan, kemudia sesana kemampuan pemangku,”pungkasnya.(dnu/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI