Antisipasi Kebakaran, Mahasiswa Undiksha Ciptakan Alat Pengontrol Jarak Jauh

Banjar Jawa, Hampir mengalami kebakaran membuat salah satu mahasiswa dari tim Undiksha berinisiatif untuk membuat suatu alatyang dapat mengontrol listrik jarak jauh. Berangkat dari hal tersebut, Tim yang terdiri dari Kadek Yuda Wiryanatha dari Prodi Pendidikan Teknik Elektro, Gede Sandita Widiada dari Prodi Pendidikan Teknik Elektro, Luh Putu Restu Adi Utami dari Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Ni Komang Indah Juliantini dari Prodi Teknologi Pendidikan, dan Kadek Reda Setiawan Suda yang merupakan alumni Pendidikan Teknik Elektro Undiksha membuat sebuah alat yang kemudian disebut ELCO.

Kepada Reporter Radio Nuansa Giri FM, Ketua Tim Kadek Yuda Wiryanatha mengatakan alat pengontrol jarak jauh ini dibuat dalam waktu sebulan. Tentu masih ada pengembangan-pengembangan yang akan dilakukan kedepan. “Bagimaana ELCO cara kerjanya adalah nanti peralatan rumah kita bisa dikontrol cara mengaktifkan dan mematikan lampu,”ujarnya.

Ditanya terkait sasaran karyanya, Yuda mengatakan jika alat ini dapat digunakan pada skala rumah tangga. “Untuk ELCO sasarannya perumahan dan industri karena kita kan sering lupa misalnya mematikan kipas dirumah,”ungkapnya.

Karya ELCO menurut Yuda tidak lepas dari bimbingan dosen pembimbing Dr. Nyoman Santiyadnya, S.Si., M.T. dengan karya ELCO, tim Undiksha dapat berprestasi dalam ajang International Young Scientists Innovation Exhibition 2021 di Malaysia dengan raihan emas, yang berlangsung pada 25-30 Oktober 2021. Untuk saat ini ELCO belum bisa dipasarkan mengingat masih ada beberapa perbaikan untuk menyempurnakannya.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI