Lewat Sensor Masker “Medition”, Tim Undiksha Raih Emas Ajang Internasional

Banjar Jawa, Masa pandemi covid-19 menjadi peluang bagi mahasiswa Undiksha untuk melahirkan inovasi. Hal tersebut yang saat ini tengah dikembangkan tim mahasiwa Undiksha yang terdiri dari Kadek Yuda Wiryanatha dari prodi Pendidikan Teknik Elektro, Gede Sandita Widiada prodi Pendidikan Teknik Elektro, Luh Putu Restu Adi Utami prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, dan Komang Putrayasa Prodi Ilmu Hukum. Tak hanya mahasiswa aktif, tim tersebut juga diperkuat dengan alumni Pendidikan Teknik Elektro Kadek Reda Setiawan Suda. Inovasi yang dilahirkan adalah sebuah alat yang dapat mencegah penyebaran virus covid-19 apabila seseorang tidak disiplin menggunakan masker. Alat sensor yang diberi nama “Madition” ini telah mengantarkan tim Undiksha meraih Gold Medal dikategori Appropriate Technologi Ajang International British Innovation, Invention Technology Exhibition (IBIX 2021) di United Kingdom, London yang berlangsung pada 15-30 September 2021 dan penghargaannya diumumkan Rabu (3/11).

Dihubungi via telepon, Ketua Tim Kadek Yuda Wiryanatha mengatakan inovasi ini dilatarbelakangi oleh kondisi pandemi yang masih berlangsung juga kerumunan yang sudah terjadi di beberapa titik yang berpotensi menjadi tempat penularan virus. “Kami dan teman teman kami banyak kerumunan dan ada yang tidak memakai masker oleh sebab itu kami membuat suatu alat yang bisa mendeteksi masyarakat yang tidak memakai masker,”ujarnya.

Lanjut Yuda Wiryanatha, alat yang bekerja dengan sistem sensor kamera ini dibuat selama kurang lebih sebulan. Mulai dari proses perumusan masalah hingga membentuk sebuah alat siap pakai. “Untuk pengembangan selanjutnya pasti ada, nanti alatnya akan kami kembangkan dan ini masih dirundingkan,”ungkapnya.

Alat sensor “Madition” menurut mahasiswa semester lima ini dibuat untuk bisa diterapkan pada titik-titik potensi kerumunan seperti pasar tradisional, mall, atau tempat umum lainnya.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI