Dinas Kominfosanti Buleleng ke Gianyar, Pelajari Pengelolaan Menara Telekomunikasi dan Radio

Gianyar, Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik (Kominfosanti) Buleleng belajar pengelolaan menara telekomunikasi dan radio Pemerintahan di kabupaten Gianyar. 

Kunjungan diterima Kadis dan Sekdis Kominfo Gianyar dan Kabag Tapem Gianyar diruang sidang utama Kantor Bupati setempat Kamis (04/11). Dalam kunjungan tersebut, Dinas Kominfosanti Buleleng berbagi informasi terkait pengelolaan dilakukan instansi, termasuk peran dalam penanganan pendemi covid-19.

Kadis Kominfo Kabupaten Gianyar Anak Agung Gde Raka Suryadiputra mengatakan saat situasi pandemi, peran instansi lebih banyak mengarah ke penanganan. Sesuai misi Pemkab Gianyar yaitu meningkatkan kualitas pelayanan publik khususnya komunikasi ke masyarakat, maka pihaknya lebih banyak menggandeng media baik cetak, online, maupun elektronik untuk menyebarluaskan informasi atau kebijakan yang dibuat pemerintah.

Dalam kunjungan tersebut juga disinggung terkait sumber pendapatan Dinas Kominfo Gianyar yaitu melalui retribusi menara telekomunikasi. Hingga saat ini Kabupaten Gianyar belum memiliki perda zona pembangunan menara telekomunikasi, hanya perda RTRW yang saat ini juga masih dibahas di DPRD Gianyar. “Dimasyarakat tower itu akan dibangun,  tidak terjadi permasalahan jika sewa menyewa mereka sudah clear, kemudian bagaimana mereka berkomunikasi,”ungkapnya.

Kadis Kominfo Gianyar Raka Suryadiputra menambahkan pihak pemkab memiliki satu buah Videotrone yang dibangun tahun 2019. Saat itu Bupati Gianyar berinisiatif memasang videotrone tersebut karena jalan yang ramai dilalui masyarakat apalagi saat kegiatan car free day. “Perbupnya ada bagaimana kita melakukan kerjasama dengan teman teman pengusaha sehingga ini ada kontrubusinya untuk pemda, kalau nanti kerjasamanya semakin banyak karena ini ada slotnya,”ujarnya.

Berbeda dengan videotrone yang sudah mulai dikomersilkan, radio GELORA 104.8 FM milik pemerintah kabupaten Gianyar saat ini masih mensosialisasikan kegiatan2 dari instansi pemerintah dan acara hiburan. “Jadi pembiayaan ada yang ada diradio ditanggung pemerintah, karena diradio ini juga kita mensosialisasikan kegiatan pemkab dan juga semua intansi pemerintah,”pungkasnya.

Sementara Kadis Kominfosanti Buleleng Ketut Suwarmawan usai kunjungan mengatakan banyak masukan yang dapat dijadikan pembelajaran bahkan diterapkan. Namun demikian, skala prioritas Pemerintah Kabupaten Buleleng masih seputar penanganan covid-19. “Hal yang kita dapatkan disini adalah disini sudah memiliki radio pemerintah yang cukup intens melakukan siaran siaran bahkan rekan media ikut juga berpartisipasi, begitu juga kelebihan yang mereka miliki jadi mereka sudah memiliki video tron  walaupun di Buleleng belum ada mungkin nanti kita akan usahakan,”imbuhnya.

Selain ke Pemkab Gianyar, pada Jumat (05/11) kunjungan dengan agenda yang sama dilakukan ke Pemkab Badung.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI