Diramu 14 Rempah, Kelapa Muda Bakar Dipercaya Tingkatkan Imum Tubuh

Buleleng, Dicampur dengan 14 macam rempah dari Indonesia dan India, minuman kelapa muda bakar dipercaya bisa meningkatkan imun tubuh.

Kuliner Kelapa Muda Bakar saat ini tengah banyak diminati masyarakat. Selain cara pengolahannya unik yaitu di bakar menggunakan kayu, kelapa ini juga dicampur 14 macam rempah, dimana salah satunya kapulaga yang diimport langsung dari India.

Pengelola kuliner kelapa muda bakar cabang Banyuning Putu Swami Ariyani mengatakan usaha ini lebih dulu dibuka oleh Nyoman Gede Sukandiyasa warga asal Penarungan, Badung dengan merek Sari Yadnya Kelapa Bakar. Kemudian baru muncul cabang-cabang lainnya. Kelapa muda yang sudah dibakar selama kurang lebih 3-4 jam akan dicampur 11 macam rempah yang diracik langsung oleh Gede Sukandiyasa, di tambah madu, sereh, dan jeruk nipis. “Kelapanya bebas kalau saya nyari daerah Timur dan saya biasanya ngambil di daerah Boontiing saya jual Rp 20 ribu satu porsi, ini dibakar selama 3 jam agar airnya panes dan bisa mateng,”ujarnya.

Sejak pandemi covid-19 minat masyarakat mengkonsumsi kelapa muda bakar meningkat. Menurut Swami Ariyani mengkonsumsi kelapa muda bakar ditambah berbagai macam rempah ini bisa meningkatkan imun tubuh. “Khasiatnya dibadannya enak, bisa pake mengobati batu ginjal juga jika dikonsumsi rutin karena ini herbal kan tidak bisa langsung,”ungkapnya.

Kuliner Kelapa Muda Bakar rempah india ini buka pukul 08.00-21.00 wita. Selain di Banyuning Kelapa Muda Bakar juga membuka cabang di Kloncing, Sukasada, dan Bedugul. Satu porsi kelapa muda bakar lengkap dengan rempah india dibanderol dengan harga 20 ribu rupiah.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI