Raih Anugrah Proklim, Kades Superanton Sebut Mempertahankan Lebih Sulit

Wanagiri, Setelah sukses meraih anugrah Proklim, Kepala Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Buleleng Superanton menyebut upaya mempertahankan anugrah yang diperoleh jauh lebih sulit.

Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng menjadi satu-satunya Desa di Provinsi Bali yang meraih anugerah Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI Tahun 2021.

Kepala Desa Wanagiri, Made Suparanton dikonfirmasi Rabu (20/10) mengungkapkan, anugerah ini tentunya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi seluruh warga Desa Wanagiri, namun hal ini juga menjadi tanggung jawab yang berat, karena mempertahankan jauh lebih sulit dari pada mendapatkannya. “Peraihan proklim ini ada piagam dan trofi, jadi tanggungjawab kita adalah melestarikan lingkungan,”ujarnya.

Lebih lanjut, Kades Superanton menambahkan sejauh ini upaya dalam pelestarian lingkungan sudah dilakukan dengan konsisten, mulai dari pengelolaan sumber daya alam, pemanfaatannya, serta pengelolaan sampah yang ada di Desa utamanya sampah plastik. “Sesuai dengan program KBS itu juga merupakan tujuan untuk keberlangsungan kita, dengan adanya program proklin ini kita juga bersinergi dengan DLH,”ungkapnya.

Kedepan pihaknya akan lebih fokus dalam upaya pelestarian lingkungan dengan melibatkan anak-anak sekolah yang ada di Desa Wanagiri mulai dari TK, SD, SMP sebagai langkah mengedukasi anak-anak agar agar lebih mencintai alam sejak dini. “Yang terpenting disini adalah sumber mata air dan kesehatan, dengan adanya raihan ini kita sudah mulai berkomunikasi dengan sekolah untuk mengajarkan untuk hidup bersih untuk menjaga lingkungan bebas sampah plastik,”pungkasnya.(eta/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI