Tembus 10 Besar IKU PTN-BLU 2021, Denwas Undiksha Tekankan Kuantitas Guru Besar

Banjar Jawa, Universitas Pendidikan Ganesha terus meningkatkan kualitas lembaga sehingga mampu bersaing tak hanya nasional, melainkan internasional. Melalui upaya tersebut Undiksha berhasil menorehkan capaian kinerja yang positif dan membanggakan berupa capaian Indikator Kinerja Utama (IKU). Capaian yang menempatkan Undiksha peringkat ke-7 dari 33 Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) tentu mendapat apresiasi dari Dewan Pengawas saat rapat koordinasi Sabtu (16/10).

Ketua Dewan Pengawas Undiksha, Moch. Wiwin Darwina, S.E.,M.Si., mengatakan dari evaluasi kinerja yang dewan pengawas lakukan, dari 14 indikator ada 12 indikator yang sudah melebihi target. Hanya 2 indikator yang harus dicapai hingga akhir tahun 2021. Namun ada beberapa poin penekanan, salah satunya adalah penambahan guru besar. “Guru besar agar lebih banyak lagi untuk undiksha, dan akreditasinya bisa meningkat lagi, dan termasuk mahasiswa lebih 5000 orang,”ujarnya.

Denwas Wiwin Darwina menambahkan program peningkatan status jenjang D3 menjadi D4 juga masuk dalam indikator yang nanti akan dipantau terus. “Saya juga memantau dan tadi juga usulan prodi sebanyak 15 kalau tidak salah sudah banyak mendapatkan rekomendasi jadi ada beberapa prodi yang akan kami proses,”pungkasnya.

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd mengatakan dalam kategori penghargaan keunggulan IKU PTN-BLU, Undiksha berhasil berada di peringkat ke-5. Capaian ini tentu karena dukungan seluruh pihak, baik pimpinan, dosen, maupun juga Denwas.

Sementara itu, berkaitan dengan prestasi, cukup banyak ditorehkan oleh mahasiswa, baik nasional maupun internasional. Sejumlah prestasi itu merupakan inovasi-inovasi yang digagas mahasiswa maupun dosen. Selain itu, terdapat pula sembilan Tim Undiksha yang berhasil lolos dan didanai Program Innovillage PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berkolaborasi dengan Telkom University, Forum Rektor Indonesia, APERTI BUMN, dan Indonesia Career Center Network (ICCN).

Selain dua hal tersebut, dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Pendidikan, Undiksha juga menggenjot pembangunan Laboratorium Kesehatan Terintegrasi dengan sumber dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) maupun pembangunan laboratorium riset terpadu dengan sumber dana dari Undiksha dan sharing bersama Pemkab Buleleng.

Langkah Undiksha untuk meningkatkan kualitas terus berlanjut. Penguatan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi terus dilakukan, demikian juga dengan akreditasi dan peningkatan kualitas sumber daya. Hal ini sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan jumlah student body.

Rapat koordinasi ini dihadiri pula oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Administrasi, Keuangan dan Sumber Daya Manusia Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., Kepala Biro Umum dan Keuangan, Ni.Luh Wayan Yasmiati, S.H.,M.Pd., Kepala Biro AKPK, Drs. I Made Yasa, M.Pd., Ketua SPI, dan ketua staf ahli. Usai rapat, dilanjutkan dengan peninjauan pembangunan laboratorium kesehatan terintegrasi.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI