Disdagperinkopukm Buleleng Gelar Pelatihan Digitalisasi Koperasi

Pemaron, Sebagai upaya mewujudkan penerapan digitalisasi Koperasi di Buleleng, Disdagperinkopukm Buleleng menggelar pelatihan peningkatan kualitas SDM Koperasi di Buleleng.

Bertempat di Hotel Puri Saron, Desa Pemaron, Buleleng Dinas Perdagangan Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disdagperinkopukm) Buleleng melaksanakan pelatihan peningkatan SDM dengan mengambil tema “ Melalui Pelatihan SDM Koperasi Sektor Riil kita wujudkan koperai berkualitas, Go Digital dan Berdaya Saing”, Selasa 12 Oktober 2021.

Acara  dibuka secara langsung oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST diikuti oleh pengelola koperasi sektor riil maupun pelayanan jasa. Kegiatan diklat dilaksanakan mulai tanggal 12-14 Oktober 2021.

Kepala Disdagperinkopukm Buleleng Dewa Made Sudiarta mengungkapkan, dengan digelarnya diklat ini diharapkan para pengelola koperasi sektor riil yang ada di Buleleng mampu meningatkan pelayanan terlebih mampu menjadi lembaga yang ikut serta dalam mempromosikan produk lokal Buleleng. “Tujuannya jelas pelaku paham bagaimana dia melakukan tata kelola koperasi yang baik dan yang paling penting pengembangan usahanya, dan kita latih mereka bagaimana cara mengembangkan usahanya,”ujarnya.

Disinggung terkait eksistensi koperasi di Buleleng saat masa pandemi, Kadis Sudiarta mengungkapkan sejauh ini semua koperasi yang terdaftar masih bisa memberika pelayanan kendati dimasa pandemi tetapi para pengelola masih bisa tetap bertahan. “Sementara sampai saat ini sektor nya masih tetap berjalan mereka masih aktif untuk mengembangkan produk, minimal untuk keperluan anggota,”pungkasnya.

Sementara itu Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengungkapkan, di era digitalisasi saat ini pihaknya berharap Koperasi selain memberikan pelayanan dibidang jasa dan keuangan juga mampu menjadi kontrol kualitas produk lokal sehingga bisa go Internasional tentunya dengan memanfaatkan digital marketing. “Pelatihan ini harapannya adalah mengajarkan koperasi untuk mengikuti era digitalisasi seperti market place, yang dijual yang sederhana dulu yang ada di Buleleng jual keunggulan yang ada di Buleleng,”ungkapnya.(eta/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI