Eksistensi Usaha Babi Guling Samsam Ditengah Pandemi

Buleleng, Semenjak pandemi Covid-19, Putu Setiawan Tetap Eksis Dengan usaha Babi Guling Samsamnya.

Kuliner olahan babi di Kabupaten Buleleng memang tidak ada habisnya untuk dinikmati. Jika hingga kini Buleleng masih dikenal dengan kuliner syobak, dan blayag. Kali ini selama pandemi Covid-19 kuliner olahan daging babi lainnya yang tidak kalah mengguncang lidah bagi para pecinta kuliner di Bali Utara yakni Babi Guling Samsam.

Menu olahan berbahan dasar babi ini memiliki cita rasa berbeda dengan proses mengguling yang sangat berbeda dari biasanya. Bahkan olahan ini sudah semakin familiar di lidah masyarakat khususnya pecinta olahan daging babi, ditambah dengan perpaduan bumbu racikan khusus atau basa Rajang yang nantinya diguling bersama dengan bagian perut (Samsam) babi.

Putu Setiawan (29) pria asal desa Panji pemilik warung Audrey, yang menjual menu Babi Guling Samsam bumbu khas Buleleng ini mengatakan, ia awalnya bekerja di kabupaten Badung, namun karena tuntutan keluarga ia memilih pulang kampung dan membuka usaha kuliner. Dengan modal seadanya, pertama kali Setiawan merintis hanya menjual menu capcay, mie goreng dan nasi goreng. Karena ingin ada ikon lebih dari warungnya, ia pun mempunyai ide untuk membuat menu special yaitu Babi Guling Samsam dan Ayam Guling. “Awalnya saya bekerja di Denpasar, tapi karena saya sudah berkeluarga ada tuntutan harus pulang kampung dan saya dirumah bingung mau usaha apa dan saya buka kuliner dirumah, awalnya sih menu biasa biasa saja, tapi biar ada ikonnya saya membuat menu yaitu Babi Guling Samsam,”ujarnya.

Lanjut, Pria yang akrab di sapa Wawan itu menurutnya keunggulan Babi Guling Samsam yang dibuatnya adalah cita rasa dan proses pembuatannya. Harga yang ditawarkanpun bervariasi mulai dari porsi kecil hingga porsi kiloan, mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 150.000. “Jadi saya membuat lah dan saya juga tes ke food ke temen-temen, dan banyak yang suka akhirnya saya open order dengan harga Rp 25.000 alhasil ramai juga sampai sekarang kayak kemarin ada yang beli hingga 3 kilogram,”pungkasnya.

Dari hasil kerja kerasnya merintis usaha, ia pun sekarang sudah memilik dua cabang Warung Audrey yang beralamat di Desa Panji Anom, Banjar Dinas Abasan dan di Jalan Jenderal Sudirman Singaraja. Bagi penggemar Kuliner Babi di Bali khususnya Buleleng, Babi Guling Samsam Warung Audrey bisa menjadi pilihan yang nikmat untuk mengisi perut.(dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI