BEM-REMA Undiksha Dukung Pembangunan Melalui Desa Binaan Sumberkima

Buleleng, Mendukung pembangunan di Kabupaten Buleleng, Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa, BEM REMA Undiksha menginisiasi program Desa Binaan sebagai bentuk dukungan mahasiswa terhadap pembangunan. Salah satu desa binaan yang telah diresmikan yaitu Desa Sumberkima Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng. Setelah sebelumnya melangsungkan penanaman mangrove untuk mencegah abrasi.

Presiden Mahasiswa Republik Mahasiswa Undiksha Kadek Andre Karisma Dewantara mengatakan dengan beragam potensi yang dimiliki, perlu ada pembimbingan sehingga warga desa dapat memberdayakan potensi tersebut dan berimbas pada peningkatan ekonomi. Selain itu, program desa binaan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa yang terjun langsung di lapangan. “Jadi program ini adalah program terbaru jadi dalam desa binaan ini kita mencoba menyusun berapa kegiatan seperti pelatihan sekolah alam , dan peduli lingkungan, kegiatan sosial dan konservasi mangrove,”ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Hubungan Masyarakat,dan Alumni Undiksha Prof. Dr. I Wayan Suastra,M.Pd berharap program yang dicetuskan BEM REMA dapat bermanfaat bagi semua yang terlibat didalamnya. Iapun mengapresiasi program tersebut, karena sejalan dengan program kampus merdeka dan merdeka belajar yang diadaptasi lembaga. “Program ini lebih banyak memperdayakan desa potensi desa yang ada disini sangat luar biasa dan begitu juga sdm mereka melalui pembinaan itu juga sudah dirancang dan ekonomi masyarakat agar dibantu,”ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Sumberkima I Nengah Wirta menjelaskan pemerintah desa terus berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM, salah satunya melalui peningkatan partisipasi masyarakat dalam sektor pendidikan. “Dan sekarang sudah diputuskan desa Sumberkima sudah menjadi binaan, dan kami ucapkan terimakasih banyak dan harapan kami bukan sekedar lingkungan saja tapi sosiala ekonomi,”pungkasnya.

Program Desa Binaan BEM REMA Undiksha akan dilaksanakan pada Oktober-Desember2021. Dengan kegiatan seperti pendidikan dan pengajaran untuk anak sekolah alam, konservasi lingkungan, dan kegiatan sosial.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI