Pecatur Cilik Buleleng Raih Juara Satu Catur Pelajar Tingkat Nasional

Buleleng, Putu Kayana Wiryawan berhasil menyabet juara satu dalam Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2021 di kategori  SD (1-3 putra) yang diselenggarakan secara virtual.

Putu Kayana Wiryawan yang masih duduk di kelas satu di SD Negeri 1 Banjar Jawa ini telah beberapa kali menjuarai event baik tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional bahkan tingkat Nasional.

Diceritakan sang ayah, I Gede Arya Sudira, S.Pd, M.Pd, anaknya mulai tertarik dengan catur sejak masih berusia empat setengah tahun, bahkan saat masih duduk di Bangku TK, anaknya sudah meraih juara dalam berbagai lomba catur. “Ketertarikannya dengan catur itu kira-kira sejak usia empat setengah tahun, mungkin dia berbakat jadi saya arahkan padahal saya tidak terlalu bisa dengan catur dan dalam waktu dekat ini akan mengikuti lomba di tingkat Asia” ungkapnya.

Sebagai bentuk dukungan, Arya Sudira menambahkan dirinya selalu berupaya dalam menyediakan sarana dan prasarana dalam latihan karena saat ini sang anak masih menjalani proses pelatihan online di Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA). “Tentunya sebagai bentuk dukungan dari orang tua yang salah satunya menyediakan sarana untuk latihan, karena saat ini Putu juga sedang menjalani pelatihan online untuk persiapan kejuaraan ditingkat Internasional nanti” pungkasnya.

Sementara itu pecatur cilik Putu Kayana Wiryawan mengaku diajarkan berbagai teknik permainan catur dari pamannya kemudian dirumah juga sering diajarkan oleh sang ayah. “Om yang ngajarin, gerakan kuda gimana, gerakan benteng gimana, kalo bapaknya utu sering ngajarin cara blockade “ungkapnya dengan nada cadel.(eta/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI