Wakili Buleleng Lomba Perpustakaan Tingkar Provinsi, SPENSA Optimalkan Digitalisasi

Banjar Jawa, SMP Negeri 1 Singaraja kembali mewakili Buleleng untuk mengikuti lomba perpustakaan di tingkat provinsi.

Berhasil menyabet juara pertama dalam lomba perpustakaan di tingkat Kabupaten, SMP Negeri 1 Singaraja maju mewakili Buleleng ditingkat provinsi Bali. Ditemui diruang kerjanya Jumat (24/09), Kepala SMP Negeri 1 Singaraja Ni Putu Karnadhi mengatakan prestasi ini merupakan warisan dari kepala sekolah terdahulu. Namun pihaknya sempat tidak ikut berpartisipasi karena bangunan perpustakaan yang kurang memadai. Sehingga saat menerima hibah bangunan bekas kantor Perkimta, pihak sekolah mengajukan renovasi perpustakaan ke pusat. Setelah direnovasi, barulah SMP Negeri 1 Singaraja mengikuti lomba perpustakaan tingkat kabupaten yang kebetulan berbarengan dengan keluarnya nilai akreditasi perpustakaan sebesar 96.

Kasek Karnadhi mengungkapkan pihaknya selalu menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan lomba secara sungguh-sungguh sehingga hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan. “Kita ingin kalau kita lomba harus nilainya sempurna artinya kenapa karena itu harus dilakoni secara serius disamping itu nilai tinggi perpustakan adalah sarprasnya, pustawakannya, dan akreditasinya itu modalnya,”ungkapnya.

Disadari Karnadhi, maju ke tingkat provinsi tentunya saingan peserta semakin berat. SMP Negeri 1 Singaraja pun harus berupaya maksimal menunjukkan nilai plus dari perpustakaannya. “Jadi kita persiapannya digitalisasi perpusatakannya harus memang bagus, dan pustakawannya terus kita kursuskan dan diklatkan dan kita lengkapi dengan pameran,”ujarnya.

Menurutnya perpustakaan tidak melulu tentang koleksi buku. Dalam menata perpustakaan, SMP Negeri 1 Singaraja akan memajang foto kepala sekolah dari periode tertentu, foto untuk siswa berprestasi, hingga menggelar pameran-pameran yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI