Sesuaikan Kompetensi Siswa di Dunia Industri, STEMSI Adaptasi Kurikulum Daihatsu

Banyuning, Guna nenyesuaikan lulusan jurusan teknik kendaraan ringan-otomotif di dunia industri, SMK Negeri 3 Singaraja adaptasi kurikulum Daihatsu.

Dalam meningkatkan keterserapan lulusan di dunia kerja, SMK Negeri 3 Singaraja terus berupaya memperbaharui kurikulum agar sesuai dengan permintaan dunia industri. Salah satunya PT. Astra Daihatsu Motor. Daihatsu motor memiliki kurikulum tersendiri untuk menghasilkan SDM unggul dibidang Teknik Kendaraan Ringan-Otomotif (TKRO) yang dapat bekerja di perusahaannya. Untuk mengadaptasi kurikulum Daihatsu SMK Negeri 3 Singaraja telah berproses sejak sebelum pandemi. Selama kurang lebih satu setengah tahun, hingga saat ini SMK Negeri 3 Singaraja tengah menjalani akreditasi dari program Pintar Bersama Daihatsu.

Pihak Daihatsu yaitu Human Resource PT. Astra Daihatsu Motor Pusat Jakarta Reno Septiono dan Ketua Program Pintar Bersama Daihatsu Wilayah Jatim-Bali Lukman Hakim melakukan verifikasi berkas akreditasi dan peninjauan keliling sekolah didampingi Kepala Bengkel dan Program Studi masing-masing.

Kepala SMK Negeri 3 Singaraja I Nyoman Suastika menjelaskan selama menyiapkan berkas akreditasi tidak ada kendala yang dialami. Hal ini karena SMK Negeri 3 Singaraja sudah menggunakan kurikulum nasional dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Dalam adaptasi kurikulum Daihatsu, ada beberapa aspek yang harus memenuhi standar termasuk kompetensi guru dan sarana prasarana. “Karena ini mengacu ke daihatsu, dengan demikian kurikulum yang ada ini juga menuntut kemampuan kerja guru, dan ini difasilitasi oleh daihatsu ,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Program Pintar Bersama Daihatsu Wilayah Jatim-Bali Lukman Hakim menjelaskan, program pintar bersama Daihatsu ini merupakan salah satu bagian dari empat pilar Daihatsu. Program ini secara umum melihat potensi sekolah dengan menjadikan budaya industri sebagai rohnya SMK. “Bagi sekolah nanti yang terakreditasi mendapatkan level A maka kami akan memberikan donasi entah itu mesin atau mobil untuk tambahan pembelajaran,”ungkapnya.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI