Patung Bung Karno Setinggi 8 Meter Mulai Dipasang

Sukasada, Ikon RTH Bungkarno berupa patung Ir Soekarno setinggi 8 meter dengan berat sekitar  satu setengah ton mulai dipasang bertepatan dengan hari purnama kapat.

Bertepatan dengan hari Purnama Kapat dan Anggarkasih Kulantir Selasa 21 September 2021, Patung Bung Karno setinggi 8 meter berhasil di naikkan ke atas pedestal Ruang Terbuka Hijau (RTH) Bung Karno yang terletak di Kelurahan Sukasada, Kecamatan Sukasada, Buleleng. Patung yang berbahan dasar logam digarap di Yogyakarta dan sampai di Buleleng pada 17 September 2021.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Buleleng, Gede Melandrat, SP yang meninjau langsung proses pengangkatan patung mengungkapkan, dengan terpasangnya patung Bung Karno ini tentunya menjadi kegembiraan serta kebanggaan tersendiri mengingat pembangunan RTH ini telah ditunggu-tunggu semenjak empat tahun lalu dan sejauh ini progresnya telah mencapai 60 persen lebih. “Kita membuktikan bahwa patung bungkarno bisa dipasang, saya kira ini menjadi kebanggaan Buleleng yang sudah 4 tahun ditunggu-tunggu,”ungkapnya.

Lebih lanjut Kadis Gede Melandrat mengungkapkan, tim mempersiapkan proses pengangkatan selama tiga hari sejak patung ini sampai di Singaraja dengan berbagai persiapan patung bisa di naikkan dan selanjutnya akan dilakukan cor beton ke setengah bagian patung yang memakan anggaran sekitar lima ratus juta lebih ini. “Patung sudah dateng 3 hari yang lalu dan dipersiapkan alat alatnya, saya kira ini menjadi bagian yang memilih pemenang menjadi bagian yang terpenting,”ujarnya.

Kedepan pihaknya berharap, RTH Bung Karno bisa menjadi salah satu destinasi wisata sejarah Nasional, mengingat Ibunda sang Proklamator merupakan keturunan warga Buleleng. “Saya berharap kalau ini clear ini menjadi destinasi sejarah nasional dimana darahnya soekarno ada disini,”pungkasnya.(eta/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI