Senandung Giri: Pusaran “MC” Di Negeri “Bali”

Catuspata, Dikisahkan di negeri belang- belang, antapura, lelangon dan indrakila disingkat Bali berkuasalah seorang raja. Ia adalah seorang cendekiawan yang munpuni. Bukan hanya dibidang akademik tapi juga dibidang non akademik. Rakyat mamanggilnya dengan sebutan akrab Bli Wayan. Keakraban rakyat dengan raja negeri membuat suasana negeri trepti. Sejak disumpah sebagai raja Bali, Bli Wayan selalu eling akan visi yang sudah ditulis pada sebuah prasasti. Mengabdi demi negeri adalah awal sumpahnya pada diri sendiri  Sebelumya Raja negeri mendapat kesempatan beberapa kali sebagai abdi negeri di pusat kerajaan. Apa yang pertamakali dilakukan raja Bali? Menyempurnakan ilikita kerajaan. Sedikitnya duapuluh ilikita sudah disempurnakan untuk melangkah maju menatap masa depan Bali yang gemilang. Berbagai pembangunan telah diwujudkan sebagaimana misi yang terpatri. Jalan sudah dibangun, kawasan pura sudah dibangun, balai adat sudah dibangun.Tapi apa lacur?  Masih saja ada yang sirik melihat kelincahan raja negeri yang bergerak bagaikan kancil. Kecag kecog ke pusat kerajaan untuk melobi. Ujung- ujungnya demi rakyat negeri. Setelah viral dengan arak kecrit kini Bli Wayan viral lagi dengan Made Cenik disingkat MC.

Kok jadi teringat akan lagu rakyat Made Cenik.

Made Cenik- Made Cenik Lilig Motor Ibi Sanje, Lilig Motor Ibi Sanje, Motor Badung Ke Gianyar, Motor Badung Ke Gianyar, Gedebege Muat Batu, Batu Cina, bais lantang cunguh barak, Bais lantang cunguh barak, Nah apa kata baling tamak soal bait ini?

Boe Badung Ajak Gianyar Nyen Sing Nawang…. Nak Sugih Sugih Dogen Nto ditu

Apebuin  Misi Batis Lantang Cunguh Barak  Pasti  Dollar  Be Ne Bermain

Mangumbar umbar I Codar. Mangumbar umbar I Codar, I Codare matulupan. Jangkak jongkok.Manyaruang nyongcong jangkrik Manyaruang nyongcong jangkrik. Jangkrikkawi nilotama,Jangkrik kawi nilotama, Nilotama Tunjung Biru,

I Codet Metetulupan…Ne Artine Nak Sube Politik Tingkat Tinggi Ne…Makane Irage Dadi Rakyat Melahang  Nak Liu Gati Jani Berita-Berita Bohong Atau Hoaks Mesliweran

Tunjung Biru, Margi I Ratu masolah, Margi I Ratu masolah, Masolah saling enggotin, Masolah saling enggotin, Tepuk api dong ceburin. Hmm.

Tepuk  Api Dong Ceburin….Adah  Ne Sube Yen Sube Nyak Terbakar Alias Uyut  Jog Demen Sube Anake Ngae Ngae Hoaks. Ne Terbakar Jenggot Ape Ape?

Ingin Tahu Kelanjutan Kisah Bli Wayan dan Pusaran MC? Ikuti pada Senandung Giri berikutnya

Tim Pemberitan Dewata Roundup.(tut/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI