Tren Kasus Menurun, Tingkatkan Antusias Masyarakat Donor Darah

Buleleng, Tren kasus positif covid-19 yang menurun berimbas pada meningkatnya minat masyarakat untuk melakukan donor darah.

Untuk memenuhi ketersediaan darah, Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Buleleng melakukan jemput bola kepada masyarakat. Salah satunya ke Kantor Unit Dikyasa Sat Lantas Polres Buleleng Jumat (17/09) pagi. Sekitar 35 personel polisi dan perwakilan jasa raharja melakukan pendataan awal peserta donor darah. Peserta donor juga di cek tekanan darahnya sebelum melakukan donor darah. Dari seluruh peserta, telah dikumpulkan sebanyak 36 kantong darah.

Kepala UDD PMI Buleleng dr Rizani mengungkapkan menurunnya kasus terkonfirmasi covid-19 membawa dampak yang lebih baik terhadap jumlah pendonor. “Semakin turunnya kasus covid, masyarakat sudah banyak yang mau donor, ini juga memberikan dampak yang baik bagi pendonor,”ujarnya.

dr Rizani menyampaikan sejauh ini kebutuhan darah di Buleleng tetap pada angka 30-35 kantong perhari. Kebutuhan itu masih bisa di penuhi mengingat UDD PMI Buleleng telah jemput bola melakukan donor darah. Mengingat pandemi masih berlangsung, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum berdonor seperti telah melakukan vaksinasi. “Kalau vaksin pertama itu vaksin pertama 3 hari setelah itu boleh, vaksin kedua 7 hari, kalau penyintas itu 3 bulan,”ungkapnya.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI