Sinergi Lembaga dan Organisasi Hindu, Pemkab Hibahkan Eks Sekretariat MDA Buleleng Menjadi Sekretariat Bersama

Buleleng, Melalui Dinas Kebudayaan, Pemkab Buleleng hibahkan eks gedung sekretariat Majelis Desa Adat (MDA) Buleleng kepada lembaga umat hindu PHDI Buleleng, organisasi PC KMHDI Buleleng dan Paiketan Penyuluh Bahasa Bali Buleleng.

Diawali dengan upacara mecaru di eks gedung sekretariat Majelis Desa Adat Buleleng pada Jumat  (17/09) pagi, peresmian sekretariat bersama yang diresmikan langsung oleh Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bali I Gusti Ayu Aries Sujati bersama Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Ketua PHDI Buleleng, Ketua PC KMHDI Buleleng, dan Koordinator Paiketan Penyuluh Bahasa Bali Buleleng.

Usai peresmian, Anggota Komisi IV DPRD Bali I Gusti Ayu Aries Sujati berharap dengan adanya sekretariat bersama dapat menjalin sinergi yang baik antara lembaga umat hindu PHDI Buleleng dengan organisasi Hindu PC KMHDI Buleleng serta Paiketan Penyuluh Bahasa Bali yang mendukung dari aspek seni dan budaya. “Bagus sekali, karena ini bisa menularkan kepada KMHDI dan dari sini kita bisa mengait dan mereka saling melengkapi semuanya,”ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara mengatakan secara bertahap dinas kebudayaan akan memberikan fasilitas sarana prasarana hingga kendaraan operasional. “Karena ini merupakan satu pemicu kita dalam kinerja pencapaian kedepan kita akan siapkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan daerah,”ungkapnya.

Sementara itu Ketua PHDI Buleleng Gde Made Metera mengungkapkan fasilitas dari sekretariat bersama lebih bagus dari sekretariat yang lama, karena saat ini tersedia tempat untuk umat hindu yang akan melaksanakan upacara. “Ruangannya cukuplah kalau ada umat yang datang tinggal dilengkapi dengan sarana, dan mungkin bisa dilengkapi nanti,”imbuhnya. (dnu/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI