SENADIMAS ke-6 Digelar, Undiksha Pacu Diseminasi Hasil Pengabdian Masyarakat

Banjar Jawa, Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENADIMAS) ke-6 akhirnya digelar Kamis (16/09). Seminar Nasional yang digelar Undiksha melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) ini mengusung tema Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat Kita Tingkatkan Keberdayaan Masyarakat dan Kemandirian Bangsa. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengabdian masyarakat menjadi hal yang sangat penting dilakukan, khususnya oleh para akademisi.

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., saat memberikan sambutan dalam kegiatan secara daring tersebut mengungkapkan dalam rangka hilirisasi produk penelitian, perlu ada penguatan sinergi antara Perguruan Tinggi dengan pemerintah, dengan industri dan dengan masyarakat dalam rangka pemberdayaan masyarakat menuju kemandirian bangsa. Oleh Undiksha, hal tersebut terus  dimaksimalkan sekaligus dalam rangka menghadapi era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complex, Ambiguity). Selain hilirisasi produk penelitian, menurut Rektor Jampel, penguatan sinergi antara Perguruan Tinggi, Pemerintah, Industri, dan pihak-pihak terkait lainnya juga perlu dalam perancangan penelitian-penelitian ataupun kajian-kajian ke depan. Pemerintah/Industri perlu memberikan kepercayaan kepada perguruan tinggi, begitu juga perguruan tinggi mesti mampu menunjukkan dirinya dengan menghasilkan produk-produk penelitian yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan industri maupun masyarakat. “Kita juga akan selalu meningkatkan kualitas diri kita untuk memahami pengetahuan untuk menghasilkan produk penelitian yang betul bernilai guna bagi pembangunan bangsa dan bernegara,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Dr. I Ketut Iwan Swadesi, S.Pd.,M.Or., menjelaskan terdapat  315 pemakalah dalam seminar ini yang membawakan berbagai topik. Disampaikan pula, antusiasme para akademisi dan pengabdi tidak jauh berbeda seperti tahun sebelumnya. “Antusiasme tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, dan makalah hari ini berasal dar Undiksha dan 21 perguruan tinggi negeri se Indonesia,”ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, penyelenggaraan seminar tahunan ini menghadirkan dua narasumber yaitu Prof. Dr. Suyanta, M.Si, dari Universitas Negeri Yogyakarta dan Dr. rer.nat. I Wayan Karyasa, S.Pd., M.Sc., dari Undiksha yang sudah berpengalaman sebagai pembicara dan Pemonev Nasional DRPM Kemenristekdikti.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI