Disabilitas dan ODGJ Mulai Divaksin

Paket Agung, Sebanyak 750 dosis vaksin jenis sinopharm disiapkan Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng untuk diberikan kepada penyandang disabilitas dan ODGJ.

 Dinas Kesehatan mulai melakukan vaksinasi terhadap masyarakat penyandang disabilitas di Kabupaten Buleleng. Ada 750 dosis vaksin Sinopharm yang akan diberikan, termasuk kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Vaksinasi khusus penyandang disabilitas dan ODGJ dimulai Kamis (02/09).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng dr Sucipto mengatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial terkait data warga penyandang disabilitas. “Dinsos juga kita libatkan disini karena ada beberapa niknya yang dimasukan dan itu kita butuhkan dan sinergi kita dari Dinsos dan Disdukcapil sangat kita butuhkan dan PKK juga,”ujarnya.

Dr Sucipto menjelaskan salah satu kendala yang ditemui dalam pelaksanaan vaksin ini adalah kesulitan mobilitas untuk para penyandang disabilitas melihat keterbatasan fisik mereka. Oleh karena itu seluruh pemangku kepentingan ditiap-tiap desa dikerahkan untuk memperlancar proses vaksinasi. “Kita harapkan bisa secepatnya vaksinasi disabilitas bisa mencapai target, karena sekarang belum bisa kita capai mungkin kedepannya bisa,”pungkasnya.

Sementara untuk ODGJ dan warga yang belum mempunyai NIK, Dinas Kesehatan juga menggandeng Disdukcapil agar permasalahan tersebut dapat teratasi.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI