Unik “Batu Kramat” yang Diyakini Masyarakat Desa Nagasepaha

Nagasepaha, Masyarakat desa Nagasepaha meyakini sebuah batu keramat yang berukuran besar yang letaknya tepat ditengah sungai.

Menurut cerita para pengelingsir desa Nagasepaha, konon batu besar yang terletak tepat ditengah disungai yang dianggap keramat oleh masyarakat desa setempat tidak dapat dipindahkan bahkan dihancurkan. Bahkan jaman dahulu ketika batu tersebut ingin dihancurkan oleh salah satu masyarakat akan berakibat fatal bagi yang menghancurkan.

Salah satu masyarakat yang rumahnya berada di dekat batu keramat Ketut Sadarana (80) mengatakan, konon sebelum batu tersebut dikeramatkan oleh masyarakat desa Nagasepaha batu itu ditemukan berada di tengah sungai, ketika ingin dipindahkan oleh masyarakat tetapi tidak bisa karena ukurannya yang sangat besar, dan ketika ingin dihancurkan oleh salah satu masyrakat hasilnya juga tidak bisa. Akhirnya masyarakat yang ingin menghancurkan batu tersebut jatuh sakit dan langsung meninggal dunia. “Dulu ada yang¬† mau menghancurkan tapi tidak bisa dan tiba tiba dia langsung jatuh sakit dan meninggal dunia, masyarakat disini yakin dengan batu keramat ini dan semenjak itu banyak yang sembahyang disini dan diisi kain,”pungkasnya.

Masyarakat setempat meyakini kalau batu tersebut merupakan batu keramat. Dari kejadian tersebut batu itu langsung di yakini dan dijadikan tempat persembahyangan oleh masyarakat desa setempat. Mereka pun percaya kalau batu tersebut dipindahkan atau dihancurkan, maka akan muncul musibah. Konon mahkluk yang ada dibatu tersebut adalah “Kuluk Putih” atau Anjing Putih yang akan meraung ketika sebelum ada orang meninggal.(dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *