Eksistensi Air Terjun Tirta Bhuwana di Tengah Pandemi

Pegadungan, Sudah setahun lebih dikelola oleh pihak desa, air terjun Tirta Bhuwana yang ada di Banjar Dinas Batudingding, Desa Pegadungan kini sudah di kenal oleh masyarakat luas.

Air terjun Tirta Bhuwana atau disebut dengan nama Air Terjun Tibuan yang berlokasi Banjar Dinas Batudingding Desa Pegadungan, Sukasada, Bali dengan menempuh tracking sejauh 300 meter dari lokasi parkir. Air Terjun Tibuan ini menawarkan pemandangan yang indah dengan air yang jernih. Potensi tersebut dikembangkan oleh Pemerintah Desa Pegadungan melalui Pokdarwis Bumi Lestari.

Dulunya air terjun ini justru digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), guna memenuhi kebutuhan listrik. Setelah listrik masuk ke wilayah tersebut, akhirnya dilakukan pembersihan dari sisa-sisa kincir PLTA. Saat proses pembersihan itu akhirnya muncul ide memanfaatkan air terjun itu sebagai daya tarik wisata.

Kepala desa Pegadungan, Ketut Sudiara mengatakan, selama pandemi covid-19, banyak wisatawan lokal yang berkunjung yang refreshing. Pada hari biasa pengunjung kurang lebih tiga puluh pengunjung, dan pada akhir pekan mencapai ratusan pengunjung. “Untuk selama pandemi kebetulan tidak ada masalah, sempet ppkm tahap pertama sementara ditutup, dan ditahap kedua sudah mulai ada kunjungan dan sekarang sudah mulai ramai,”ungkapnya.

Kades Sudiara berharap, kedepan ada pihak yang membantu untuk fasilitas yang mendukung pengelolaan air terjun. “Jelas untuk harapan pandemi cepat berlalu dan pengunjung semakin meningkat dan fasilitas bisa memadai,”pungkasnya.

Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal dewasa Rp 10000 dan anak-anak hanya Rp 5000.(dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI