Data Tidak Valid, Lansia Disabilitas Tak Tersentuh Bantuan

Kubutambahan, Luh Sita salah seorang lansia penyandang disabilitas dari Desa Kubutambahan tak tersentuh bantuan lantaran data tidak valid.

Setelah sebelumnya sempat viral di Media Sosial lantaran kondisi Luh Sita asal Desa Kubutambahan yang mengalami disabilitas tinggal di rumah yang tak layak huni, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Sosial melakukan kunjungan guna memastikan kondisi sesungguhnya dilapangan.

Kepala Dinas Sosial Buleleng Putu Kariaman Putra dikonfirmasi usai melakukan kunjungan (26/8) mengungkapkan, dari hasil penggalian informasi dilapangan, Luh Sita hanya terdaftar sebagai penerima program kesehatan (KIS) dan dari hasil koordinasi bersama aparat desa data Keluarga dari Luh Sita tidak valid sehingga pihaknya langsung berkoordinasi bersama Disdukcapil untuk melakukan validasi KK dan Perekaman E-KTP. “Warga lansia disabilitas yang sempat diviralkan di media sosial kita akan cek dulu datanya, ternyata disistem yang bersangkutan sudah mendapatkan kis dan kita juga berkomunikasi dengan disdukcapil dan kita langsung bergerak dikantor camat kubutambahan,”ungkapnya.

Lanjut Kadis Kariaman kedepan pihaknya telah menyarankan kepada aparat desa saat melaksanakan musyawarah desa, Keluarga Luh Sita bisa dimasukkan kedalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang selanjutkan bisa diusulkan untuk mendapat program sosial dari pemerintah. “Selanjutnya kepada perbekel Kubutambahan untuk mengadakan musdes dan bisa diarahkan warga ini bisa dilakukan pemuktahiran data,”pungkasnya.(eta/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI