Tujuh Siswa SPENFOUR Dulang Medali

Sambangan, SMP Negeri 4 Singaraja selalu mengikutsertakan para siswa untuk mengikuti perlombaan di berbagai bidang. Dalam ajang terbaru yang diikuti, tujuh siswa SPENFOUR berhasil meraih delapan medali.

Penguatan wawasan siswa tidak hanya dilakukan melalui pembelajaran formal, namun juga melalui latihan-latihan yang bisa dilakukan pihak sekolah maupun mengikutsertakan siswa dalam ajang lomba. Pola pembelajaran seperti itu telah lama diterapkan SMP Negeri 4 Singaraja. Malah, dalam masa pandemi ini pembinaan dan pelatihan siswa harus digenjot untuk menghasilkan siswa yang unggul. Terbaru, tujuh siswa SMP Negeri 4 Singaraja meraih juara pada tiga lomba bergengsi. Yaitu Malini Academic Olympiade Science (MACDOS) SMA Negeri 1 Gianyar tingkat SMP Se-Provinsi Bali Tahun 2021, Kompetisi Kemerdekaan Tahun 2021 Tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK Se-Indonesia yang diselenggarakan POSI, dan Ajang Galaksi Nasional Competition Edisi 1 Tingkat Nasional Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Galaksi Education.

Salah seorang siswa Putu Aninda Kian Putri menjelaskan keikutsertaannya dalam ajang tingkat provinsi itu dimulai saat informasi disampaikan pihak sekolah, berbekal hasil diskusi selama 11 hari bersama teman-teman yang juga menjadi peserta lomba, dirinya berhasil mendapat juara pertama lomba di bidang IPS. Aninda menjelaskan pada babak penyisihan dilakukan secara daring, namun pada babak final menjadi kesenangan tersendiri bagi siswi asal Desa Sambangan Kecamatan Sukasada, Buleleng ini, karena dilakukan secara tatap muka. “Pas masuk final seneng banget, dan bisa keluar daerah kan lombanya di Gianyar gitu, kesannya jawab soal offline degdegan nya lebih dapet,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 4 Singaraja I Putu Budiastana mengatakan lomba memang menjadi ajang melatih kemampuan siswa. Berkat dukungan yang baik antara Sekolah, Guru, dan Orang Tua siswa dapat mengembangkan minatnya dengan baik. “Kalau ini tidak kita asah tentu kemampuan mereka terbatas, jadi kita berusaha semaksimal mungkin untuk mengasah mereka dan kemampuan mereka teruji,”ungkapnya.

Lanjut Kasek Budiastana, untuk tidak membebani mental para siswa antara belajar dan mengikuti perlombaan, maka diberikan dispensasi kepada siswa yang bersangkutan.  “Terkadang jika siswa memerlukan pembinaan tatap muka kita harus ijin orangtua dan mengikuti prokes tetap, dispensasi kita juga berikan,”pungkasnya.

Adapun raihan prestasi dari siswa dan siswi Spenfour.  Dalam Ajang MACDOS (Malini Academic Olympiade Science) SMA Negeri 1 Gianyar tingkat SMP Se-Provinsi Bali Tahun 2021, Juara 1 Bidang IPS diraih Putu Aninda Kyan Putri, Juara 3 Bidang IPA diraih Joshua Setia Immanuel, Juara Harapan 2 Bidang IPS diraih Made Dea Vio Lantini dan Juara Harapan 2 Matematika diraih Made Dio Suginanda Prabawa.

Pada Ajang Kompetisi Kemerdekaan Tahun 2021 Tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK Se-Indonesia yang dilaksanakan POSI, Medali Emas Bidang IPA diraih Joshua Setia Imanuel, Medali Perunggu Bidang IPS diraih Putu Raka Satria Pariata, Medali Perunggu Bidang IPS diraih Gede Adi Pradnya Saputra.

Sementara pada Ajang Galaksi Nasional Competition Edisi 1 Tingkat Nasional Tahun 2021 diselenggarakan oleh Galaksi Education Medali Emas Bidang IPA diraih Ida Ayu Puspa Dewi.(ags/dpa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


NUANSA GIRI ON-AIR
ON-AIR
NUANSAGIrI